11-Apr-21 |
/ Berita / Knowledge Sharing Forum Perancangan Rencana Pembelajaran Dan Optimalisasi Wicenter1

Knowledge Sharing Forum Perancangan Rencana Pembelajaran dan Optimalisasi WI-Center

Jumat , 04 Desember 2020 79

Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN Bidang PUPR, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia telah mengembangkan beberapa metode pelatihan yang salah satunya dengan metode pembelajaran jarak jauh (distance learning).


Pembelajaran jarak jauh (distance learning) menjadi salah satu strategi yang dipilih untuk beberapa tantangan yang harus dihadapi, diantaranya tanggungjawab besar BPSDM PUPR untuk mengembangkan kompetensi ASN PUPR yang jumlahnya cukup banyak dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia.


Untuk mendukung strategi pembelajaran jarak jauh itu, perlu dilakukan optimalisasi kompetensi pengajar yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW BPSDM PUPR menyelenggarakan Knowledge Sharing Forum (KSF) Perancangan Rencana Pembelajaran dan Optimalisasi WI-Center sebagai Dukungan Pola Pembelajaran Distance Learning secara online yang dibuka secara resmi oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW Rezeki Peranginangin, Jumat (4/12).


Rezeki mengatakan salah satu tantangan BPSDM dalam penyelenggaraan pola pelatihan distance learning berdasarkan hasil evaluasi pelatihan yang telah dilakukan oleh Pusbangkom JPW adalah pengajar bidang JPW belum seluruhnya menyusun Rencana Pembelajaran yang merupakan perangkat penting dalam proses pembelajaran serta belum optimalnya penggunaan aplikasi WI-Center yang merupakan salah satu media dalam penyelenggaraan pelatihan baik secara klasikal maupun distance leaming.


Adapun materi yang dibahas dalam KSF ini adalah Merancang Rencana Pembelajaran untuk mendukung Pola Pembelajaran Distance Learning (termasuk teknik komunikasi dan penyesuaian materi pembelajaran) yang disampaikan oleh Ferry Firdaus, S. Pd, M. Ed selaku Widyaiswara LAN) serta Sosialisasi WI-Center sebagai Dukungan Pola Pembelajaran Distance Learning oleh Kabag Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik BPSDM Lisniari Munthe.


Peserta yang hadir dalam KSF ini berasal dari pengajar bidang Jalan, Perumahan, dan PIW lainnya (Widyaiswara, Pejabat Fungsional dan Praktisi), Sekretariat BPSDM, Pusbangkom, dan Bapekom di lingkungan BPSDM Kementerian PUPR.


Diharapkan dari KSF ini akan penyusunan Rencana Pembelajaran akan lebih serta optimalisasi penggunaan WI-Center oleh pengajar di lingkungan Pusbangkom JPW dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh.




KOMENTAR ()