11-Apr-21 |
/ Berita / Kepala Bpsdm Pupr Menghadiri Upacara Bendera Memperingati Hari Bakti Pu Ke75 Di Gedung Sate 1

Kepala BPSDM PUPR Menghadiri Upacara Bendera Memperingati Hari Bakti PU ke-75 di Gedung Sate

Kamis , 03 Desember 2020 84

Jakarta, 3 Desember 2020 - Sebagai bangunan ikonik di Kota Bandung, Gedung Sate dulunya merupakan Gedung Departemen Pekerjaan Umum. Tak banyak yang tahu bahwa di sana pernah terjadi peristiwa heroik yang melibatkan 21 orang pejuang dengan 7 orang diantaranya tewas saat mempertahankan Gedung PU tersebut.


Peristiwa ini kemudian dikenang dan diperingati sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum. Setiap tahun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) dengan tujuan untuk mengingat semangat para pejuang yang menyala-nyala demi mempertahankan Gedung PU yang sekarang kita kenal sebagai Gedung Sate. Hari Bakti pada tahun ini diselenggarakan dengan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, silaturahim senior, penanaman pohon, webinar dan juga pemberian penghargaan.


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR Sugiyartanto beserta Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman Ruhban Ruzziatno dan Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Rezeki Peranginangin menghadiri upacara bendera memperingati Hari Bakti PU ke-75 bertempat di halaman depan Gedung Sate Bandung Kamis (3/12).


Selain menghadiri upacara bendera, Kepala BPSDM PUPR Sugiyartanto dan jajarannya melakukan kegiatan ziarah ke Tempat Pemakaman Pahlawan (TMP) Cikutra sebagai penghormatan atas para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan Gedung PU atau yang sekarang di kenal dengan Gedung Sate.


Dalam peringatan Hari Bakti PU ke 75, juga diberikan penghargaan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono di Jakarta. BPSDM dalam kesempatan tersebut meraih beberapa penghargaan dalam kategori antara lain Peringkat I Pelaksanaan PPID UPT Tipe II yang diperoleh melalui Balai Pengembangan Kompetensi Wilayah III Jakarta, Satuan Kerja Terbaik I Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) Kategori B yang diperoleh melalui Balai Pengembangan Kompetensi Wilayah IV Bandung. Sedangkan pada lomba esai, Peringkat I diperoleh melalui Nur Fajri Arifian dari Pusat Pengembangan Kompetensi JPW dan juara III lomba Essay Endah Prihatiningtyas dari Pusat Pengembangan Talenta.


Peringatan Hari Bakti PU semoga dapat menjadi momentum penyemangat bagi semua orang PU untuk terus berjuang membangun infrastruktur yang lebih handal dan merata demi kepentingan bangsa dan negara.


KOMENTAR ()