|
/ Berita / Kegiatan Peningkatan Kapasitas Manajerial Pimpinan

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Manajerial Pimpinan

Senin , 04 April 2016 2269


Berdasarkan ketentuan Undang – Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, mengamanatkan bahwa manajemen SDM harus dilakukan secara profesional. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) sebagai unit kerja yang bertugas melakukan peningkatan kompetensi ASN, menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Manajerial yang dilaksanakan pada 1 – 3 April 2016 di Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan motivasi, penyegaran dan pengembangan kompetensi dan kapasitas serta meningkatkan kualitas pelayanan sebagai abdi Negara kepada para pimpinan dilingkungan BPSDM. Acara ini diikuti oleh para pejabat struktural di lingkungan BPSDM Kementerian PUPR dan dibuka secara resmi oleh Kepala BPSDM, Anita Firmanti.


Dihari pertama, acara peningkatan kapasitas manjerial pimpinan ini diawali dengan pemaparan dan pemberian motivasi oleh Yudi Lafief, beliau merupakan seorang cendikiawan muda, penulis sekaligus ketua PSIK Indonesia (Pusat Studi Islam Kenegaraan Indonesia). Pemberian motivasi ini bertemakan Peran BPSDM sebagai pendorong revolusi mental penyelenggaraan infrastruktur PUPR, dan bertindak sebagai moderator yakni sekretaris BPSDM, Amwazi Idrus. Sedangkan dihari kedua diadakan tes C-VAT (Cultural Value Analytical Tool), tes ini digunakan untuk melihat karakteristik seseorang dalam pekerjaan suatu tim dan organisasi. Selain tes C-VAT, diadakan pula kegiatan IBrainX (Integrated Brain Exercise) yang merupakan kegiatan menstimulasi seluruh bagian otak agar bisa bekerjasama dengan baik dalam tim sehingga para peserta dapat lebih fokus berkonsentrasi, daya ingat lebih baik dan lebih kreatif.

Kegiatan peningkatan kapasitas manajerial pimpinan ini kini dirasa kian semakin penting sejalan dengan program revolusi mental yang sedang didengung-dengungkan oleh pemerintahan Jokowi-JK dalam menciptakan SDM yang berkualitas. Dalam sambutannya, Anita mengatakan “Seperti  apa yang dikatakan Bapak Menteri, konsepsi revolusi mental yang sesungguhnya bukan hanya sekedar  memiliki integritas, etos kerja yang tinggi dan berjiwa gotong royong tapi revolusi mental itu ialah how you can see the the future, bagaimana seeing the future itu. Jadi sangat diharapkan sekarang ini kita semua memiliki pemikiran – pemikiran out of the box yang bisa memecahkan persoalan – persoalan bangsa kita secara lebih cepat  dan cermat.”


Dengan adanya pemberian motivasi, tes C-VAT dan kegiatan stimulan ini  dapat diketahui karakteristik dan kesesuaian seseorang dalam pekerjaaan maupun dalam berorganisasi serta diberikan teknik dalam mengatasi tekanan dan stress sehingga nantinya diharapkan para pimpinan di BPSDM ini dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensinya serta melaksanakan tugas untuk BPSDM yang lebih baik. (Datin BPSDM)



Untuk melihat dokumentasi kegiatan, KLIK DISINI


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR


 
?>