11-Apr-21 |
/ Berita / Kedisiplinan Merupakan Kunci Sukses Bagi Karyasiswa Magister Super Spesialis Tahun 2020 1

Kedisiplinan Merupakan Kunci Sukses bagi Karyasiswa Magister Super Spesialis Tahun 2020

Senin , 30 Nopember 2020 140

Semarang, 30 November 2020 -  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melakukan rangkaian kegiatan Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis Tahun 2020 bagi 26 Karyasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro di Semarang, Senin 30/11.


Dalam sambutannya Kepala BPSDM PUPR Sugiyartanto mengatakan, "Kedisiplinan menjadi hal yg utama dalam program magister superspesialis ini." 


Sugiyartanto mengingatkan  agar karyasiswa memaksimalkan tugasnya di lokasi magang krn perlu diingat bahwa program magister superspesialis ini lebih banyak praktek/magang daripada teorinya. Selain itu mengingatkan kembali bahwa tugas belajat ini menggunakan APBN sehingga betul-betul harus belajar dgn maksimal.


Lebih lanjut terkait dengan monitoring dan evaluasi, Sekretaris BPSDM PUPR, Herman Suroyo  mengatakan terhadap program Pendidikan di Kementerian PUPR perlu dilakukan monev terhadap progress studi Karyasiswanya maupun monev terhadap kualitas kerjasama antara BPSDM dengan Perguruan Tinggi terkait untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan kedinasan Kementerian PUPR. Monev Karyasiswa Magister Super Spesialis Undip ini dilakukan oleh BPSDM (Setba dan Pusbangkom), UNOR, BKO dan BUMN. 


Herman juga menambahkan tujuan monitoring dan evaluasi (Monev) Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis, untuk memastikan kemajuan studi Karyasiswa sesuai dengan rencana serta melakukan pengukuran kemajuan studi, Indentifikasi permasalahan secara kontinyu untuk mencegah terjadinya penundaan studi, kasus DO, pengunduran diri sepihak serta kasus lain.


Sedangkan tujuan lain dari  monitoring dan evaluasi (Monev) Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis,menilai pola studi Karyasiswa apakah telah sesuai dengan tujuan program Magister Super Spesialis dan Melakukan penyesuaian (untuk penyelesaian masalah) tanpa menyimpang dari tujuan awal program.


ÔÇťAspek monitoring dan evaluasi (Monev) Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis diantaranya tingkat kehadiran, laporan kegiatan bulanan, kesiapan dan perencanaan magang, thesis dan publikasi, Kendala pelaksanaan perkuliahan, pelaksanaan magang, thesis dan publikasi, Kendala lain di luar perkuliahan (misal sakit), Kesesuaian tahapan studi dengan target per semester (atau per periode penilaian), misal semester 3 telah menyelesaikan proposal tesis, semester 1 telah lulus seluruh teori serta target lulus nilai per periode penilaian, misal IPK.


Dalam rangka Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Karyasiswa Beasiswa Magister Super Spesialis Tahun 2020 Herman menyampaikan bahwa BPSDM telah mengeluarkan SK Monev Karyasiswa, sehingga diharapkan tim monitoring baik dari Sekretariat Badan, Pusat Pengembangan Kompetensi, Unit Organisasi maupun BUMN dapat melaksanakan tugas dengan lebih efektif.


Monitoring dan evaluasi ini akan dilakukan setiap bulan dan setiap 3 bulan, supaya BPSDM bisa me laporkan progresnya kepada Bapak Menteri PUPR. 


Terdapat 2 program Magister Super Spesialis di Undip saat ini, yaitu Operasi dan Instrumentasi Hidro-meterologi Bendungan; dan Retrofitting dan Instrumentasi Keamanan Bendungan.


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()