11-Apr-21 |
/ Berita / Karyasiswa Magister Super Spesialis Akan Segera Melaksanakan Magang1

Karyasiswa Magister Super Spesialis akan Segera Melaksanakan Magang

Rabu , 27 January 2021 144

Jakarta, 27 Januari 2021 – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan magang oleh Karyasiswa Program Magister Super Spesialis bidang Pengelolaan dan Pengendalian Kehilangan Air Minum Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Selasa (26/01) mengadakan kegiatan pembekalan secara online bagi 15 orang karyasiswa yang berasal dari Kementerian PUPR dan BUMN Karya. Magang akan dilaksanakan selama 1 semester di beberapa PDAM diantaranya Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Banjarmasin dan Malang. Setiap minggunya Karyasiswa wajib membuat laporan, melakukan sharing knowledge dengan sesama rekan-rekan karyasiswa dan berkoordinasi dengan pembimbing menggunakan sarana zoom meeting mengingat situasi pandemi yang belum usai.


Dalam arahannya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Sugiyartanto mengingatkan kembali harapan Kementerian PUPR terhadap lulusan magister super spesialis. Ia menyampaikan agar karyasiswa konsisten dan tidak membuang waktu selama 3 semester ini karena mereka adalah tulang punggung Kementerian PUPR di masa depan dan juga orang-orang yang akan diandalkan spesialis di bidangnya. 


Menurutnya, situasi pandemi tidak boleh menghambat proses belajar justru harus mencari terobosan bagaimana agar komunikasi tetap berjalan misalnya dengan menggunakan komunikasi secara virtual. “Faktanya kita memang tidak bisa kemana-mana namun dengan komunikasi virtual kita bisa kemana-kemana. Tidak ada batasan waktu, tempat dan ruang”, imbuhnya. 


Sugiyartanto mengatakan bahwa PUPR tidak akan berhenti membangun infrastruktur mulai dari hulu ke hilir, dari survey hingga evaluasi nilai manfaat. Kondisi geografis Indonesia yang memiliki daerah rawan gempa, tsunami, likuifaksi, gunung berapi, adanya kebutuhan akan irigasi, bangunan bentang panjang dan sumber air merupakan permasalahan yang harus dituntaskan. 


Tidak hanya dari BPSDM dan ITS, kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktorat Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya dan perwakilan dari masing-masing PDAM. Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para Karyasiswa mengenai proses magang dan output yang diharapkan oleh Kementerian PUPR sekaligus membuktikan bahwa Karyasiswa Program Magister Super Speasialis mendapatkan dukungan penuh melalui kerja sama antara pemerintah pusat dan Badan Usaha Milik Daerah.


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()