|
/ Berita / Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Tik Untuk Mendukung Industri 40

Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi TIK Untuk Mendukung Industri 4.0

Selasa , 16 Juli 2019 90

Bandung (16/07) - Untuk mendukung pengembangan teknologi industri 4.0 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) mengembangkan sistem aplikasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi TIK Semester I tersebut bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan dalam hal pengelolaan data serta memberikan pengetahuan dan kemampuan para peserta agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan cepat, efektif dan efisien.

Kepala Bagian Data dan Informasi Sekretariat BPSDM PUPR, Lisniari Munthe, dalam sambutan pembukaan evaluasi yang bertempat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi, Bandung, Senin (15/07) mengungkapkan penyelenggaraan workshop yang dilaksanakan selama dua hari tersebut sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo agar ASN mengembangkan inovasi-inovasi baru di dalam TIK guna mencari solusi dari setiap masalah dalam pengelolaan organisasi, lembaga maupun pemerintahan. "Sesuai arahan Presiden, kita harus menuju pada sebuah negara yang lebih produktif, yang memiliki daya saing, yang memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi perubahan-perubahan demi membangun bangsa ini. Maka dari itu pengembangan aplikasi TIK sangat diperlukan di dalam pengelolaan data agar yang semula tidak efektif menjadi efektif dan efisien," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Anggaran Dan Umum, Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah BPSDM PUPR, Asep Wardiman, menjelaskan aplikasi TIK yang ada sampai saat ini harus terintegrasi satu dengan yang lain untuk mempermudah di dalam pengelolaan aplikasi. Sebagai contoh pengembangan aplikasi perpustakaan yang akan diintegrasikan dengan aplikasi Sistem Manajemen Pengetahuan (SIMANTU), sehingga buku-buku yang terdapat di dalam aplikasi perpustakaan dapat diakses oleh pengguna di dalam aplikasi SIMANTU. Dengan cara itu diharapkan pengguna dapat langsung melihat buku-buku yang tersedia di dalam aplikasi perpustakaan dalam aplikasi SIMANTU.

Lebih lanjut Kepala Sub Bidang Portal Web, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Dewi Indrijati, menambahkan dalam rangka mewujudkan good governance, kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan harus lebih efektif, efisien, transparan dan profesional. Di dalam membangun e-Goverment yang terintergrasi, pembaharuan manajemen pemerintahan juga harus komprehensif. Karena itu perlu disusun cetak biru Teknologi Informasi dan Komunikasi yang selaras dengan rencana strategis kementerian dan perubahan organisasi. (Datin)


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()