|
/ Berita / Ehrd Jamin Keamanan Data Pegawai Pupr

E-HRD Jamin Keamanan Data Pegawai PUPR

Kamis , 30 January 2020 55

Jakarta (30/1) – Menindaklanjuti Uji Coba sistem security data hasil penilaian kompetensi pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diadakan dua hari lalu, Bagian Data dan Informasi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR bersama dengan Kepala BPSDM, Lolly Martina Martief, dan Kepala Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja (Pusat 1) Dodi Krispratmadi, melakukan pembahasan mengenai pengembangan integrasi sistem e-HRD.


Pembahasan tersebut dimaksudkan untuk menguji trial and error aplikasi e-HRD yang terintegrasi dengan e-Kompetensi (e-Kom) dalam memvalidasi data, mulai data pribadi hingga sertifikat, serta menjamin keamanan data tindakan manipulasi. Data hasil assessment yang dapat dilihat, adalah hasil enkripsi oleh Badan Sertifikasi Elektronik (BSrE).


Proses pengamanan data hasil assessment tersebut nantinya dikirimkan oleh e-Kom yang terintegrasi dengan e-HRD kemudian oleh Kepala Pusat 1 dicek dan disetujui (approve) sebelum hasil akhirnya sampai ke Kepala BPSDM untuk divalidasi. Pada sistematika sementara, PNS yang telah mengikuti assessment dapat melihat hasilnya dengan mengajukan surat usulan ke Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja melalui unit organisasi masing-masing. Rencana kedepan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) PUPR dapat mengecek sendiri hasil potensi dan kompetensinya di e-HRD. Hal ini berguna untuk membentuk career path seluruh pegawai di Kementerian PUPR. Sebagai informasi, total pegawai PUPR yang telah mengikuti assessment dilihat dari e-Kom sebanyak 8.157 orang.


Pembahasan mengenai e-HRD selanjutnya akan diikuti dengan sinkronisasi katalog kompetensi dengan sistem e-Pelatihan kemudian penyusunan konsep pada situation room (sitroom) BPSDM. (Datin)


KOMENTAR ()