|
/ Berita / Efektivitas Dan Efisiensi Merupakan Keunggulan Dari Belajar Lewat Internet1

Efektivitas dan Efisiensi Merupakan Keunggulan dari Belajar Lewat Internet

Sabtu , 21 Desember 2019 49

Bandung (20/12) – Efektivitas dan efisiensi merupakan keunggulan dari belajar via jaringan internet di era 4.0 sekarang. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahab Rakyat (PUPR) dalam hal ini berperan membangun infrastruktur yang handal melalui pelatihan-pelatihan partisipatif dan inovatif. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Kepala Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Thomas Setiabudi Aden, dalam acara Pengesahan Sistem Pelatihan Penentuan Prioritas Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur untuk Pengembangan Wilayah Haasil Ujii Coba Sistem Pelatihan.

Pengesahan tersebut telah melalui proses yang panjang yang dimulai dari Pelaksanaan Knowledge Sharing Forum Pelatihan Penentuan Prioritas Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur untuk Pengembangan Wilayah telah dilaksanakan pada tanggal 30 September 2019 di Jakarta, yang pelaksanaannya terbagi dalam tiga sesi, yakni: e-learning (2–7 Oktober 2019), Synchronous (8 – 11 Oktober 2019), dan On Class (16–18 Oktober 2019). Kesepakatan tersebut kemudian menyetujui bahwa istilah e-learning diubah menjadi off class yang terdiri dari sesi unsynchronous dan synchronous.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan tentang Metode Code Intra yang merupakan inovasi pola ajar klasik dan modern yang dilakukan oleh BPSDM. Code intras endiri memanfaatkan aplikasi e-pelatihan yang telah dimiliki BPSDM dan in-house training, yaitu tatap muka di ruang kelas dengan lokasi yang berada dalam lingkungan atau dekat dengan lokasi kerja, dan waktu yang disesuaikan dengan jadwal kerja unit organisasi.

Pusdiklat JP3IW mulai membuat alur kegiatan pendidikan dan pelatihan dari hulu ke hilir yang diintegrasikan dalam sistem digital, dimulai dengan pembuatan video dan animasi yang dikemas dalam aplikasi tertentu guna memudahkan peserta dalam mengikuti pelatihan hingga menyelaraskan aplikasi satu dengan lainnya dalam sirkulasi sistem besar yang utuh.

Lokakaryat selanjutnya ditutup denngan dengan penandatangan finalisasi modul pelatihan (Bahan Ajar, Bahan tayang, dan Soal per Modul baik pre maupun post test) yang nantinya digunakan sebagai acuan pembelajaran ke depan, yang disaksikan oleh seluruh pejabat BPSDM dan peserta yang hadir. (Datin)


KOMENTAR ()