17-May-21 |
/ Berita / Diklat Teknis Rencana Tata Bangunan Dan Lingkungan

Diklat Teknis Rencana Tata Bangunan Dan Lingkungan

Selasa , 18 Agustus 2015 1656


Hari ini tanggal 18 Agustus 2015 telah dibuka  Diklat Teknis Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL). Pembukaaan dihadiri oleh Kepala Pusdiklat Jalan Perumahan Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Dr. Ir. Jawali Marbun, M.Sc, Kepala Balai IV Bandung  R. Belanto H, ST, M.Si , para eselon IV Balai Diklat IV Bandung serta para undangan.

Pembukaan Diklat Teknis Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan diikuti oleh 16 orang . Dalam Sambutan Kepala Pusdiklat Jalan Perumahan Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah mengatakan bahwa Kementerian PUPR sesuai dengan visi "Tersedianya Infrastruktur PUPR yang andal untuk mendukung Indonesia sejahtera 2025", terus berupaya untuk menyelenggarakan infrastruktur PUPR yang handal dan bermanfaat dimana salah satunya untuk mencapai kriteria ke-handalan-an dan ke-bermanfaatan suatu  infrastruktur PUPR  adalah infrastruktur tersebut harus dibangun didalam suatu kerangka penataan bangunan dan lingkungan yang baik, sehingga akan tercipta lingkungan yang baik sehingga akan tercipta lingkungan binaan yang berkelanjutan dan salahsatunya adalah melalui Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan.

Sebagaimana telah kita pahami bersama bahwa kegiatan Penataan Bangunan dan Lingkungan merupakan kegiatan yang bertujuan mengendalikan pemanfaatan ruang dan menciptakan lingkungan yang tertata, berkelanjutan, berkualitas yang diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi vitalitas ekonomi dan kehidupan masyarakat. Karena itu, penyusunan dokumen RTBL selain sebagai pemenuhan aspek legal-formal yaitu sebagai produk pengaturan pemanfaatan ruang serta penataan bangunan dan lingkungan pada kawasan terpilih juga sebagai dokumen panduan/pengendalian pembangunan dalam penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan kawasan terpilih supaya memenuhi kriteria perencanaan tata bangunan dan lingkungan yang berkelanjutan meliputi ; pemenuhan persyaratan tata bangunan dan lingkungan, peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui perbaikan kualitas lingkungan dan ruang public, perwujudan perlindungan lingkungan serta peningkatan vitalitas ekonomi lingkungan.

Diakhir Sambutannya Kapusdiklat Jalan Jalan Perumahan Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah mengatakan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) merupakan implementasi dari komitmen Pemerintah Pusat, Provinsi, Kota dan Kabupaten serta peran serta masyarakat didalam mewujudkan suatu tatanan Bangunan Lingkungan yang berkualitas dan berkelanjutan dimana diharapkan RTBL dapat disusun dengan cermat, akurat dan berkualitas serta terlepas dari interst atau pengaruh kepentingan kelompok/golongan yang akan menyebabkan manfaat penataan bangunan lingkungan tidak tercapai dengan optimal. Kiranya salahsatu factor penting yang berperan didalam pencapaian RTBL yang berkualitas adalah peran SDM pelaku RTBL khususnya aparatur sebagai penyelenggara RTBL.

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()