17-May-21 |
/ Berita / Diklat Teknis Aplikasi Gps Dalam Gis Bidang Pupr1

Diklat Teknis Aplikasi GPS dalam GIS bidang PUPR

Senin , 14 September 2015 1554


Pada hari Senin 14 September 2015 telah dibuka Diklat Teknis Aplikasi GPS Dalam GIS Bidang Ke-PU-an di Balai Diklat PU IV Bandung dan diikuti 42 peserta.


Pembukaan dihadiri  oleh  Kepala Pusdiklat Jalan, Perumahan , Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah yang diwakili Kepala Bidang Evaluasi dan Pelaporan Asep  Wardiman, SH M.Pd , Kepala Balai Diklat PU IV Bandung R. Belanto Hadiwido, ST M.Si , Para Pejabat eselon IV , serta Para Widyaiswara.

Dalam sambutannya Kepala Pusdiklat Jalan, Perumahan , Permukiman , Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah yang diwakili Kepala Bidang dan Pelaporan mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sesuai dengan visi "Tersedianya Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang Andal untuk Mendukung Indonesia Sejahtera 2025", terus berupaya untuk menyelenggarakan Infrastruktur PUPR yang handal dan bermanfaat, dimana salah satunya untuk mencapai kriteria ke-handal-an dan ke-bermanfaat-an suatu infrastruktur PUPR adalah infrastruktur tersebut haruslah dibangun melalui kerangka tahapan SIDLACOM  yang saling-terkait dan terencana dengan baik. 

Salah-satu "tools" didalam tahapan Survey (yang merupakan bagian dari SIDLADOM) adalah Aplikasi "Sistem Informasi Geografis" disingkat SIG atau GIS. Melalui teknologi Informatika dan Satelit, telah banyak ditemukan manfaat SIG atau GIS bagi tahapan Perencanaan Pembangunan Infrastruktur PUPR yaitu diantaranya adalah : Sebagai bahan  analisis pengembangan wilayah strategis (WPS), analisis dampak lingkungan, daerah serapan air, kondisi geomofologis, penataan bangunan perumahan, dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan SIG atau GIS akan dapat menempatkan infrastruktur PUPR dengan tepat sehingga dapat meminimalisir kendala-kendala lingkungan seperti terjadinya banjir, bahaya tanah longsor, daerah rawan gempa, kemacetan, dan lain sebagainya. Sementara itu, melalui tahapan manipulasi dan analisis data SIG dengan bantuan aplikasi, akan didapatkan analisis data yang bermanfaat bagi tahapan perencanaan infrastruktur, sebagai contohnya adalah : melalui Analisis lebar, data GIS akan dapat dipergunakan didalam  perencanaan pembangunan jembatan dan bendungan. Dimikian pula untuk analisis-analisis data GIS yang manfaatnya masih sangat banyak didalam perencanaan infrastruktur PUPR.

Diakhir sambutannya bahwa salah satu faktor penting yang berperan di dalam keberhasilan proses perencanaan termasuk didalamnya Survey Pemetaan dan Analisis Data GIS yang berkualitas adalah peranan SDM ASN ahli Survey dan Analisis Data GIS yang profesional dan berinteritas. Terlebih lagi saat di dalam Era reformasi birokrasi dan ASN yang menghendaki profesionalitas aparatur dalam hal ini SDM bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat termasuk didalamnya bidang Survey dan Pementaan ini.

Kata kuncinya yaitu Profesionalitas dan Integritas  moralitas SDM ASN. Dimana untuk membentuk itu BPSDM Kementerian PUPR beserta Pusat-pusat Pendidikan dan Pelatihan dibawahnya telah mengembangkan suatu kurikulum Diklat yang akan membentuk SDM yang kompeten di dalam penguasaan materi substansi keteknikan, keterampilan kerja, dan integritas yang baik sehingga melalui diklat ini diharapkan akan terdapat SDM ASN yang kompeten dan ber-integritas baik yang mampu menyelenggarakan Survey Pemetaan melalui GPS dan Melakukan Analisis Data GIS dengan baik sesuai dengan tahapan yang benar.


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()