11-Apr-21 |
/ Berita / Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional Teknik Jalan Dan Jembatan Tingkat Ahli Perpindahan Jabatan Gelombang Ii

Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan Tingkat Ahli (Perpindahan Jabatan) Gelombang II

Senin , 17 Nopember 2014 6766


a. Latar BelakangUntuk mencapai tujuan nasional dan peningkatan kualitas infrasturktur bidang Pekerjaan Umum, dibutuhkan adanya  Pegawai Negeri Sipil denganmutu profesionalisme yang memadai, berdaya guna, dan berhasil guna dalam menjalankan tugasnya. Karenanya diperlukan Jabatan Non Struktural untuk mendapatkan Pegawai Negeri Sipil dengan kriteria tersebut, dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil yang berkarir di Jabatan Fungsional. Jabatan Fungsional adalah kedudukan yang menunjuk tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pekerjaan Umum diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 21/PRT/M/2006.  Teknik Jalan dan Jembatan adalah rangkaian kegiatan yang mencakup upaya-upaya pengembangan termasuk pengembangan teknologi, pengelolaan, perencanaan pelaksanaan, operasi dan pemeliharaan serta penyuluhan di bidang jalan dan jembatan.Salah satu upaya untuk mendukung dan membina pengawasan pekerjaan jalan dan jembatan adalah dengan cara membina tenaga-tenaga pengawas pekerjaan jalan dan jembatan Tingkat Dasar dilapangan terkait dengan Profesionalitas yang sadar akan hak, kewajiban, dan perannya terkait pengawasan Jalan dan Jembatan.Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan pengetahuan tersebut diatas, maka  Balai Diklat PU Wilayah VI Jakarta Menyelenggarakan "Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional  Jalan dan Jembatan Tingkat Ahli (Perpindahan Jabatan)" pada tanggal 17 - 22 November 2014.  

b. Tujuan dan Sasaran DiklatAdapun tujuan dari diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatannya secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan Etika PNS sesuai dengan kompetensi jabatannya dalam bidang teknik Jalan dan Jembatan.

c. Materi Diklat Mata Ajar Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional  Jalan dan Jembatan Tingkat Ahli (Perpindahan Jabatan) adalah sebagai berikut :

  1. Pengarahan Program (1 JP)
  2. Konsep Gender dan Pengarusutamaan Gender serta Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (3 JP)
  3. Kebijakan Pembinaan Jabatan Fungsional (3 JP)
  4. Tata Cara Pengisian DUPAK (8 JP)
  5. Praktek dan Bimbingan Pengisian DUPAK (8 JP)
  6. Materi Teknis Substansi Teknik Jalan dan Jembatan (20 JP)
  7. Kunjungan Lapangan (8 JP)
  8. Diskusi dan Seminar dalam Kelas (6JP)  

d. Tenaga Pengajar Pengajar/ Pembimbing/ Narasumber pada Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional  Jalan dan Jembatan Tingkat Ahli (Perpindahan Jabatan) terdiri dari para Widyaiswara di Lingkungan  Kementerian PU yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dibidangnya.  

e. Peserta Peserta Diklat adalah PNS  yang bekerja di bidang penyehatan lingkungan di unit-unit SATMINKAL di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum.

f. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Tempat pelaksanaan Diklat di Kampus Balai Diklat PU Wilayah VI Jakarta, Jalan Sapta Taruna Raya, Komplek PU Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Adapun waktu pelaksanaan Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional  Jalan dan Jembatan Tingkat Ahli (Perpindahan Jabatan) dimulai dari tanggal 17 November s.d 22 November 2014.

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()