|
/ Berita / Diklat Kepemimpinan Tingkat Iv Direktorat Jenderal Sda Di Balai Diklat Pu Wilvi Jakarta1

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Direktorat Jenderal SDA di Balai Diklat PU WIl.VI Jakarta

Jumat , 15 Agustus 2014 653


Pendahuluan   Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon IV memainkan peranan yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi dan memimpin
bawahan dan seluruh stakeholder stratejik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut secara efektif dan efisien. Tugas ini menuntutnya memiliki kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi dan kemampuan mempengaruhi serta memobilisasi bawahan dan stakeholder strategisnya dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.Untuk dapat membentuk sosok pejabat struktural eselon IV seperti tersebut di atas, penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV yang bertujuan sebatas membekali peserta dengan kompetensi yang dibutuhkan menjadi pemimpin operasional dirasakan tidak cukup. Diperlukan sebuah penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV yang inovatif, yaitu penyelenggaraan Diklat yang memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang telah dimilikinya.

Dalam penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV seperti ini, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya dan memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan. Kemampuan memimpin perubahan inilah yang kemudian menentukan keberhasilan peserta tersebut dalam memperoleh kompetensi yang ingin dibangun dalam penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV. Dengan demikian, pembaharuan Diklatpim Tingkat IV ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam memimpin perubahan.

Tujuan dan Sasaran Diklat Sesuai dengan amanat yang terkandung dalam Peraturan  Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor : 13 Tahun 2013  bertujuan :   Membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing dan mencapai sasaran untuk terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV.   Kompetensi Kompetensi yang dibangun pada Diklatpim Tingkat IV adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang diindikasikan dengan kemampuan :
1. Membangun karakter dan sikap perilaku integritas sesuai    dengan peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk menjunjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai, norma, moralitas dan bertanggungjawab dalam memimpin unit instansinya;
2. Membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi;
3. Melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi ke arah efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan instansi;
4. Melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya guna mewujudkan pelaksanaan kegiatan yang lebih efektif dan efisien;
5. Mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal organisasi dalam implementasi kegiatan unit instansinya.  

Materi Diklat Untuk mencapai sasaran Diklat tersebut, maka kurikulum  dan modul yang diberikan sejumlah  24 mata Diklat yang terdiri dari :
Pembukaan (3JP)Pengarahan Program (6JP)
- Dinamika Kelompok (3JP)
- Pilar-pilar Kebangsaan (18JP)
- Integritas (18JP)
- Standar Etika Publik (18JP)
- SANRI (9JP)
- Pembekalan Isu aktual Substantif Lembaga (9JP)
- Diagnostic Reading (18JP)
- Penjelasan Proyek Perubahan (3JP)
- Taking Ownership (Breaktrough I) OFF (5 Hari kerja)
- Kecerdasan Emosional (18JP)
- Pengenalan Potensi Diri (18JP)
- Berfikir Kreatif dan Inovasi (18JP)
- Koordinasi dan Kolaborasi (9JP)
- Membangun Tim Efektif (18JP)
- Benchmaking ke Best Practice (45JP)
- Merancang Proyek Perubahan (18JP)
- Persiapan Seminar (1 Hari)
- Seminar Presentasi Proyek Perubahan (12JP)
- Pembekalan Implementasi Proyek Perubahan (6JP)
- Laboratorium Kepemimpinan (Breaktrough II) OFF (60 Hari)
- Seminar Laboratorium Kepemimpinan (12JP)
- Evaluasi Kepemimpinan (3JP)

Tenaga PengajarPengajar/ Pembimbing/ Narasumber pada Diklatpim Tingkat IV Angkatan Tahun 2014  terdiri dari para Widyaiswara,Pejabat Fungsional dan Struktural Kementerian PU dan LAN-RI, serta Pakar/ Praktisi yang memiliki profesionalisme dibidangnya. Peserta Peserta Diklatpim Tingkat IV  adalah PNS  yang telah atau akan menduduki jabatan struktural eselon IV di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Tempat pelaksanaan Diklat di Kampus Balai Diklat PU Wilayah VI Jakarta, Jalan Sapta Taruna Raya, Komplek PU Pasar Jumat,Jakarta Selatan. Adapun waktu pelaksanaan Diklatpim IV dimulai dari tanggal 15 Agustus s/d 9 Desember  2014.

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR


 
?>