29-Jun-22 |
/ Berita / Capaian Kinerja Bpsdm Tahun 2021

Capaian Kinerja BPSDM Tahun 2021

Senin, 10 Januari 2022 368

Jakarta, 10 Januari 2022- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR selaku unit yang menangani pengembangan SDM melakukan fungsi kegiatan dukungan manajemen pengembangan SDM bagi ASN di Kementerian PUPR. Sebagai inovasi mendukung Revolusi 4.0 dan masa pandemi Covid-19, BPSDM Kementerian PUPR terus berupaya melakukan peningkatan Kompetensi Sumber Daya untuk mencetak SDM unggul dan berkualitas. BPSDM juga meningkatkan pelayanan kepada stakeholder melalui penyelenggaraan pelatihan dengan metode distance learning, blended learning, webinar, dan assessment online serta portal Simantu dan penyediaan sarana smartclassroom di seluruh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I-IX.

Selama tahun 2021, BPSDM mampu mewujudkan beragam Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Talenta SDM PUPR. Pada bidang Pendidikan Politeknik Pekerjaan Umum telah merekrut mahasiswa baru sebanyak 147 orang. Selain itu telah dilaksanakan Program Magister Superspesialis Teknik Angkatan II Tahun 2021 di 4 Perguruan Tinggi yani ITB, UGM, Undip dan ITS sebanyak 155 pegawai. Tahun 2021 juga mulai dibentuk Magister Superspesialis Non Teknis di bidang Security IT, Public Relation, Hukum Kontrak serta Akuntansi Sektor Publik.

Dalam menjawab tantangan tersebut tentunya jua dibutuhkan peningkatan kompetensi bagi SDM terkait, salah satunya pada bidang pelatihan. Sebanyak 224 angkatan pelatihan telah diselenggarakan sepanjang tahun 2021 dengan capaian 9.544 Pegawai terlatih. Pada bidang pengembangan talenta BPSDM telah berhasil melakukan assesmen terhadap pegawai sebanyak 7.353 orang dan melakukan pemetaan karir terhadap 669 pegawai dan melakukan pemantauan kerja terhadap 21.326 pegawai. LSP BPSDM juga melakukan 5 angkatan Uji Kompetensi untuk skema pengelolaan teknis pembangunan Gedung Negara dengan jumlah 172 asesi.

Selain itu, BPSDM juga berhasil meraih berbagai penghargaan diantaranya; Juara kompetensi PKP PPID terbaik II; Juara Website terbaik III tingkat unit organisasi; Peringkat II pengelolaan BMN terbaik kategori A; Peringkat I pengelolaan BMN terbaik kategori B; serta meraih sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan oleh Lembaga Administrasi Negara di 3 Balai Bangkom BPSDM; memperoleh Akreditasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di 2 Balai Bangkom BPSDM; dan memperoleh Akreditasi Baik di seluruh Program Studi Politeknik Pekerjaan Umum.


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...