03-Aug-21 |
/ Berita / Capaian Kinerja Bpsdm Tahun 20201

Capaian Kinerja BPSDM Tahun 2020

Senin , 04 January 2021 412

Jakarta, 4 Januari 2020 - Sesuai arah kebijakan dan strategi  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang tercantum dalam Rencana Strategis (Renstra) BPSDM Tahun 2020-2024, kegiatan BPSDM difokuskan pada upaya peningkatan 2 (dua) program, yakni program dukungan manajemen serta program pendidikan dan pelatihan vokasi.

Sebagai program dukungan manajemen, BPSDM selaku unit yang menangani pengembangan SDM di Kementerian PUPR melakukan fungsi kegiatan dukungan manajemen pengembangan SDM, penyelenggaraan pengembangan talenta dan penyelenggaraan pengembangan kompetensi bidang PUPR.

Pada penyelenggaraan pengembangan talenta di tahun 2020, BPSDM telah melakukan penilaian kompetensi ASN PUPR sebanyak 4.377 orang dari target 7.820 orang dan memantau kinerja pegawai sebanyak 21.406 orang, dan sebanyak 1.254 orang telah dipetakan karirnya melalui pemetaan karir.

Selain itu, pada penyelenggaraan pengembangan kompetensi bidang PUPR, di tahun 2020, BPSDM PUPR telah berhasil melakukan pengembangan kompetensi ASN PUPR melalui penyelenggaraan pelatihan sebanyak 8.581 orang dari target 10.330 orang dengan rincian: Bidang Sumber Daya Air dan Permukiman sebanyak 3.002 orang; Bidang Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah sebanyak 2.367; dan Bidang Manajemen sebanyak 3.212 orang, berdasarkan data pada aplikasi e-Pelatihan.

Pada penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan vokasi, dari target 300 orang, sebanyak 279 mahasiswa telah mengikuti program studi pendidikan vokasi bidang PUPR di Politeknik Pekerjaan Umum di tahun 2020. 

Laporan kinerja tersebut dituangkan dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerimtah. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 09/PRT/M/2018 tentang Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kementerian PUPR yang menyebutkan bahwa entitas akuntabilitas di Kementerian PUPR terdiri dari entitas pada tingkat Kementerian, Unit Organisasi, Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis, dan Satuan Kerja. Setiap entitas akuntabilitas kinerja juga berkewajiban menyampaikacn laporan kinerja secara tepat waktu, dalam arti sesuai dengan peraturan yang berlaku juga didasarkan pada penggunaan anggaran yang telah dialokasikan. (Kompu BPSDM)


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()