03-Aug-21 |
/ Berita / Bpsdm Selenggarakan Pelatihan Penuhi Kompetensi Fasilitasi Penghunian Dan Pengelolaan Rusun1

BPSDM Selenggarakan Pelatihan Penuhi Kompetensi Fasilitasi Penghunian dan Pengelolaan Rusun

Rabu , 21 Juli 2021 71

Surabaya, 21 Juli 2021 – Guna memenuhi standar kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang perumahan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah menyelenggarakan Pelatihan Penghunian dan Pengelolaan Rumah Susun, yang dibuka Rabu (21/7).


Pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan yang disiapkan untuk para ASN di Lingkungan Ditjen Perumahan dan ASN daerah untuk memenuhi standar kompetensi jabatan sesuai Peraturan Menteri PUPR No. 7 tahun 2020, yaitu Fasilitasi Penghunian dan Pengelolaan Rumah Susun (01 PNP).


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Rezeki Peranginangin, dalam sambutan pembuka pelatihan melalui konferensi video Rabu(21/7), mengatakan sesuai dengan amanat UU tersebut, salah satu bentuk penyelenggaraan perumahan yang dilakukan pemerintah adalah menyediakan rumah umum untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan menyediakan rumah komersial yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan sesuai dengan kebutuhan semakin bertambahnya penduduk dan tidak bertambahnya lahan untuk lingkungan hunian dan perumahan mendorong untuk tumbuhnya perumahan vertikal, berupa rumah susun dan apartemen. “Bila kebijakan perumahan tidak diarahkan ke hunian vertikal, lahan pertanian akan semakin menyempit dan akan mengurangi ketahanan dalam aspek pangan,”ujar Rezeki.


"Kebutuhan akan hunian tidak boleh mengalahkan kebutuhan akan pangan, kebutuhan yang sangat mendasar. Dua-duanya sangat penting bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( MBR ), khususnya dikota besar menghuni rusun sewa menjadi sebuah alternatif menghuni rumah yang layak,"ungkap Rezeki.


Rezeki menekankan pentingnya kompetensi dalam melaksanakan tugas, sebagaimana ditegaskan dalam UU Aparatur Sipil Negara No. 5 tahun 2014 dan PP No 17 Tahun 2020, yang mengamanatkan suatu kebijakan dan manajemen SDM aparatur berdasarkan Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja dan Kebutuhan Instansi Pemerintah, dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas, atau yang dikenal dengan Sistem Merit.


“Untuk memenuhi tuntutan kompetensi diatas, maka BPSDM melakukan pengembangan kompetensi ASN yang bekerja di bidang PUPR baik di tingkat Pusat maupun Daerah, agar menjadi pegawai yang handal di bidangnya masing-masing,” ujar Rezeki.


Pelatihan ini diprogramkan selama 58 JP dilaksanakan mulai tanggal 21 Juli 2021 s.d 4 Agustus 2021 dan diikuti oleh 27 peserta. Adapun mata pelajaran yang disampaikan dalam pelatiihan ini diantaranya Pengantar Penghunian dan Pengelolaan Rumah Susun, Tahap Penghunian Rumah Susun, Aspek Keamanan dan Keselamatan dalam Penghunian Rumah Susun, Administrasi dan Keuangan dalam Penghunian dan Pengelolaan Rumah Susun, Teknis Operasional, Pemeliharaan dan Perawatan dalam Pengelolaan Rumah Susun, Sesi Sharing terkait Aspek Kemanan dan Keselamatan dalam Penghunian Rusun dan Teknis Operasional, Pemeliharaan dan Perawatan dalam Pengelolaan Rumah Susun, Persiapan Studi Lapangan, dan Pembinaan Penghuni Rumah Susun.


Pelatihan ini menggunakan metoda pembelajaran jarak jauh (distance learning) dengan peserta dan pengajar berada di kedudukan masing masing sementara host zoom meeting bertempat di Kampus Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya Jalan Gayung Kebonsari No 48 Surabaya.


Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()