29-Jun-22 |
/ Berita / Bpsdm Selenggarakan Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal Di Bapekom V Yogyakarta

BPSDM Selenggarakan Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal di Bapekom V Yogyakarta

Senin, 23 Mei 2022 108
BPSDM Selenggarakan Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal di Bapekom V Yogyakarta

BPSDM Selenggarakan Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal di Bapekom V Yogyakarta

BPSDM Selenggarakan Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal di Bapekom V Yogyakarta

Yogyakarta, 23 Mei 2022 – Tantangan dalam waktu dekat yang ingin diwujudkan oleh Kementerian PUPR adalah Visium 2030, yaitu 99% jalan mantap, untuk itu setiap insan ASN bidang PUPR dituntut agar kompeten dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan bidang tugasnya masing-masing. 


Guna memenuhi tuntutan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), BPSDM Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah menyelenggarakan Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal Pada Pelaksanaan Konstruksi Jalan dan Jembatan, di Jogjakarta sejak Senin (23/05) 


Mewakili Kepala BPSDM, Sekretaris BPSDM Herman Suroyo dalam sambutan pembuka mengatakan bahwa, ”Pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan yang disiapkan untuk para ASN di Lingkungan Bina Marga untuk memenuhi kompetensi teknis, sesuai amanah Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 tahun 2020 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara Bidang Teknik Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat."


“Campuran beraspal sangat vital dan penting mulai dari tata cara, jenis-jenis material yang digunakan, keamanan, serta pengujian di laboratorium maupun di lapangan harus dicermati dan diimplementasikan sesuai standar atau spesifikasi yang sudah ditetapkan,” ungkap Herman.


Herman menambahkan, para peserta diharapkan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar dimanfaatkan untuk menimba ilmu, karena semua pelajaran akan disampaikan secara langsung oleh Widyaiswara dan Narasumber serta pengajar yang berkompeten.


Untuk itu, Herman yakin para peserta Pelatihan Penjamin Mutu Campuran Beraspal Pada Pelaksanaan Konstruksi Jalan dan Jembatan ini diharapkan mampu melakukan penjaminan mutu pekerjaan teknis laboratorium campuran beraspal bidang jalan dan jembatan.


“Pembangunan yang seutuhnya terletak pada Sumber Daya Manusia, tidak akan pernah terwujud infrastruktur PUPR handal, tanpa adanya insan PUPR yang kompeten,” ujar Herman.


Pelatihan ini difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah V Yogyakarta yang diikuti sebanyak 20 orang ASN di Lingkungan Kementerian PUPR dan diselenggarakan dengan metode blended learning yang terdiri dari pembelajaran secara online dan tatap muka atau klasikal. Pelatihan ini dilaksanakan pada 23 Mei s.d 23 Juni 2022 sebanyak 117 Jam Pelajaran. Adapun materi yang di pelajari diantaranya adalah; Pengetahuan Umum Laboratorium Campuran Beraspal; Pengujian Material Aspal; Pengujian Material Agregat Kasar; Pengujian Material Agregat Halus; Pengujian Campuran Beraspal; dan Laporan Kegiatan Pelaksanaan Pengujian Campuran Beraspal. 


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi V Yogyakarta

KLIK DISINI ...