22-Jun-21 |
/ Berita / Bpsdm Pupr Tingkatkan Kompetensi Pengelola Agar Pengelolaan Bmn Optimal1

BPSDM PUPR Tingkatkan Kompetensi Pengelola Agar Pengelolaan BMN Optimal

Senin , 12 April 2021 78

Medan, 12 April 2021 – Sebagai pengelola APBN terbesar diantara Kementerian/Lembaga, pengelolaan BMN di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi hal yang sangat penting dan strategis. Dalam pelaksanaannya, pengelolaan BMN semakin berkembang dan kompleks sehingga belum dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu, peningkatan kompetensi bagi pengelola BMN menjadi hal yang penting.


Guna membekali kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenai pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) untuk dapat mengemban tanggungjawab untuk pengelolaan aset negara secara baik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) secara daring di Medan, Senin (12/4).


Kepala Pusbangkom Manajemen, Moeh. Adam dalam sambutan pembuka pelatihan melalui konferensi video dari Jakarta, mengatakan selain melaksanakan pembangunan infrastruktur di Indonesia, Kementerian PUPR juga bertanggungjawab atas pengelolaan aset negara. “Pengelolaan Aset negara dalam hal ini yaitu BMN meliputi perencanaan kebutuhan, penggunaan, pemanfaatan, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan dan penatausahaan,”terang Adam.


Adam menambahkan bahwa perubahan cara pandang dalam pengelolaan BMN dari fungsi administratif ke fungsi manajemen dapat diwujudkan dengan SDM dan infrastruktur yang kuat dan berkompeten. Selain itu, pertangungjawaban BMN yang dilakukan dalam bentuk laporan keuangan merupakan hal yang penting dalam pelaksanaan pengelolaan BMN. Dari laporan tersebut, akan dapat terukur kinerja Kementerian PUPR dalam melaksanakan pengelolaan BMN.


Untuk itu, “Kompetensi terkait pengelolaan BMN menjadi hal yang penting untuk dikembangkan. Khususnya terkait dengan pengelolaan aset, pengelolaan barang persediaan, dan penyusunan laporan BMN.” Ujar Moeh. Adam


Pelatihan Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan ini akan berlangsung pada tanggal 12 s. 20 April 2021 dengan total 40 Jam Pelajaran (JP). Beberapa materi yang akan diberikan meliputi, Peningkatan Integritas; Bimbingan Instalasi Aplikasi SIMAK BMN; Pengenalan dan Kebijakan Pengelolaan BMN; Perencanaan, Kebutuhan, dan Penganggaran BMN; Penggunaan dan Pemanfaatan BMN; Pengamanan dan Pemeliharaan BMN; Penatausahaan BMN; Pemindahtanganan dan Penghapusan BMN; Pembinaan, Pengawasan, dan Pengendalian BMN; Aset Lancar atau Persediaan Aset Tetap dan Aset Lainnya; Studi Kasus Pengelolaan BMN; Akutansi dan Pelaporan BMN. Sebanyak 31 orang peserta yang berasal dari berbagai instansi akan diberikan paparan oleh Widyaiswara, Pejabat Struktural & Fungsional dari Kementerian PUPR.



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi I Medan

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()