25-Jan-21 |
/ Berita / Bpsdm Pupr Selenggarakan Fgd Evaluasi Media Publikasi1

BPSDM PUPR Selenggarakan FGD Evaluasi Media Publikasi

Selasa , 20 Oktober 2020 51

Jakarta, 20 Oktober 2020 – Untuk peningkatan kualitas konten publikasi dan penyampaian pesan yang efektif kepada penggunanya, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan Focus Grup Discussion Evaluasi Media Publikasi BPSDM secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unit kerja di lingkungan BPSDM pada Selasa (20/10).
 
Sekretaris BPSDM Herman Suroyo dalam arahannya menyampaikan bahwa publikasi BPSDM tidak hanya difokuskan pada kegiatan seremonial tetapi juga kegiatan lainnya dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia.
 
“Kegiatan dengan tema pendidikan, pelatihan, asesmen adalah merupakan kegiatan yang harus didukung untuk dipublikasikan, karena dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Herman.
 
Herman juga mengatakan, tema pengembangan talenta juga perlu didorong terus oleh tim Publikasi agar BPSDM bisa lebih menonjol.
 
“Kita memiliki puluhan pelatihan di tiap balai, apabila setiap balai mendukung publikasi di setiap pelaksanaan kegiatannya maka informasi BPSDM akan lebih meluas lagi. Intinya bagaimana kita membuat BPSDM eksis,” tambahnya.
 
Untuk mendukung kompetensi tim publikasi maka BPSDM telah melaksanakan empat bimbingan teknis kepada seluruh unit kerja BPSDM diantaranya Bimtek Jurnalistik, Bimtek Pembuatan Konten Video Singkat dan Penulisan Scrip Konten, Bimtek Pengelolaan Media Sosial, dan Bimtek Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). “Namun yang terpenting adalah bagaimana mempraktekannya,” tegas Herman.
 
Dalam masa pandemi, Kepala BPSDM menyarankan agar semua kegiatan tidak bergantung kepada orang, tetapi harus dibuat sistem yang mendukung. Tatanan kerja yang memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) perlu terus didukung, termasuk didalamnya media sosial.  
 
Salah satu yang dibahas dalam FGD ini adalah aplikasi Simantu (Sistem Manajemen Pengetahuan) yang memanfaatkan TI sebagai basisnya. Terkait dengan Simantu, Herman mengatakan harus terus kita jaga karena diapresiasi oleh Kementerian/Lembaga lain seperti Kementerian ATR.
 
Narasumber dari Biro Komunikasi Publik (Biro Kompu) Kementerian PUPR Indah Agustina dan Novinerliana, menyampaikan evaluasi terhadap publikasi BPSDM. Berdasarkan evaluasi tersebut, terdapat 606 (enam ratus enam) pemberitaan terkait BPSDM yang dapat termonitor selama periode bulan Januari - September 2020, dengan pemberitaan terbesar di bulan Juni, yakni 153 berita.
 
Dari hasil monitoring Biro Kompu, mereka merekomendasikan bahwa memberikan respon yang cepat pada komentar dari masyarakat dan konsisten dalam mengunggah berita adalah hal yang penting. Biro Kompu juga menyampaikan hasil feedback pengunjung stand pada Pameran Foto Kementerian PUPR di Banjarmasin 2020 dan Pameran PUPR Goes to Campus 2019, ternyata 60% lebih mencari informasi Diklat dan/atau pelatihan di Kementerian PUPR.
 
Terkait dengan strategi ke depan, Biro Kompu merekomendasikan pada BPSDM PUPR untuk membangun tim media digital yang ideal, memperbaiki alur pengelolaan medsos, meningkatkan growth dan engagement dengan pemetaan ulang isu/topik konten, memperluas jangkauan dengan optimasi medsos pegawai dan membangun advokasi melalui loyalty program.

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()