17-May-21 |
/ Berita / Bpsdm Pupr Melatih Sdm Kompeten Dalam Perencanaan Teknis Irigasi 1

BPSDM PUPR Melatih SDM Kompeten Dalam Perencanaan Teknis Irigasi

Rabu , 17 Maret 2021 38

Yogyakarta, 17 Maret 2021 - Seperti kita ketahui bersama, ketahanan pangan merupakan salah satu arah kebijakan pemerintah yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024. Ketahanan pangan, terutama padi sangat bergantung kepada sistem irigasinya. 


Untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan irigasi yang efisien dan efektif serta mencetak ASN yang mampu mengelola irigasi dengan baik, BPSDM Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi SDA dan Permukiman bekerjasama dengan Direktorat Jenderal SDA melaksanakan Pelatihan Perencanaan Teknis Irigasi dengan Balai Pengembangan Kompetensi Wilayah V Yogyakarta sebagai pelaksananya.


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi SDA dan Permukiman  

Ruhban Ruzziyatno dalam sambutannya Rabu (17/3) menjelaskan, perencanaan teknis irigasi merupakan elemen penting dalam pengelolaan irigasi. Perencanaan sangat menentukan bagaimana kinerja sistem irigasi nantinya. Idealnya, dalam proses perencanaan harus sudah dipikirkan bagaimana rencana operasi dan pemeliharaan sistem irigasi setelahnya. Oleh karena itu perencanaan teknis irigasi harus dilakukan oleh ahli irigasi yang kompeten agar sistem irigasi yang akan dibangun berjalan efektif dan efisien serta tepat guna.


Ruhban juga menyampaikan harapannya kepada para peserta yang hadir agar pelatihan ini dapat menutup kesenjangan dalam kompetensi peserta dalam hal perencanaan teknis irigasi. 


"Semoga pelatihan ini dapat memberikan pembelajaran dan bekal ilmu yang nantinya sangat berguna pada pekerjaan Bapak/Ibu sekalian. Walaupun dengan metode pelatihan secara jarak jauh, kami berharap tidak mengurangi semangat Bapak/Ibu peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan ini,"harap Ruhban.


Pelatihan Perencanaan Teknis Irigasi ini akan diselenggarakan selama 11 hari kerja dengan metode Distance Learning sejak tanggal 17 sampai dengan 31 Maret 2021, dengan diikuti oleh 28 orang peserta.


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi V Yogyakarta

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()