19-Oct-20 |
/ Berita / Bpsdm Pupr Lakukan Pengembangan Kurikulum Pelatihan Smkk

BPSDM PUPR Lakukan Pengembangan Kurikulum Pelatihan SMKK

Rabu , 30 September 2020 95

Jakarta, 30 September 2020 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen mengadakan kegiatan Review Modul Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) melalui konferensi video di Jakarta, Rabu (30/9). Kegiatan ini diadakan guna menyelaraskan modul pelatihan dengan perkembangan regulasi dan isu terkini. Pembaruan dan peninjauan ulang modul dan kurikulum SMKK juga dilakukan, agar pelatihan yang diberikan lebih efektif.

Kegitan review ini merupakan kebutuhan yang mendesak karena modul dan kurikulum pelatihan SMKK harus disesuaikan dengan regulasi terbaru yaitu; PP Nomor 22 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan UU 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Menteri PUPR Nomor 22 tahun 2019 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK).

Selain itu, kegiatan review ini juga dilakukan untuk kebutuhan uji kompetensi dan sertifikasi Ahli Muda Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi yang juga dilakukan saat para peserta mengikuti pelatihan SMKK.

Dengan adanya pengembangan modul dan kurikulum ini diharapkan para peserta yang mengikuti pelatihan akan meningkat keterampilan dan keahliannya dalam melaksanakan Norma K3 di proyek-proyek konstruksi Bidang PUPR, dalam pembinaan dan pengawasan Norma K3 Konstruksi Bidang PUPR, serta mampu mengikuti uji kompetensi Skema Ahli Muda K3 Konstruksi.

Dalam arahannya, Kepala Pusbangkom Manajemen, Moeh. Adam menyampaikan tentang perlunya merancang modul yang sudah ada disesuaikan dengan aturan-aturan dan perkembangan terbaru. Terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelatihan dirancang agar bisa dilaksanakan secara virtual termasuk sertifikasi. Khususnya untuk proses sertifikasi dalam Pelatihan SMKK.

Adam juga menyampaikan harapan dalam arahannya. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mereview modul-modul yang sudah ada menjadi lebih update dan bisa lebih sesuai kondisi pandemi saat ini. (Pusbangkom Manajemen/Kompu) 



Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional


KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()