27-Jan-22 |
/ Berita / Bpsdm Laksanakan Penilaian Potensi Dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 11

BPSDM Laksanakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1

Selasa, 11 January 2022 77
BPSDM Laksanakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1 BPSDM Laksanakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1 BPSDM Laksanakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1 BPSDM Laksanakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1

Jakarta, 11 Januari 2022 - Pemenuhan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) haruslah menitikberatkan kepada kompetensi dan kinerja pegawai sebagaimana arahan Bapak Menteri PUPR yang menegaskan bahwa dalam menunjang Agenda Prioritas Presiden untuk 5 tahun kedepan perlu adanya perkuatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berintegritas dan kompeten.


Sebagai salah satu upaya mendukung hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Talenta menyelenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1 di Lingkungan Kementerian PUPR yang dilaksanakan oleh Balai Penilaian Kompetensi di Jakarta, Selasa (11/01).


Penilaian potensi dan kompetensi ini sendiri bertujuan untuk mengukur potensi, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan.


Sekretaris BPSDM PUPR, Herman Suroyo dalam sambutan pembuka kegiatan mengatakan bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini mengharuskan semua insan PUPR untuk membiasakan diri beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dalam pekerjaan agar tidak mudah tergantikan.


“Hal ini sejalan dengan penataan sistem manajemen SDM aparatur yang antara lain bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen SDM aparatur serta meningkatkan profesionalisme SDM aparatur dengan memanfaatkan data hasil assessment, baik dalam proses penerimaan pegawai, pengembangan pegawai berbasis kompetensi, serta pengisian jabatan,” ungkap Herman.


Lebih lanjut Herman mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi ini bermanfaat untuk penyusunan strategi pengembangan profesionalitas pegawai dan pemenuhan kebutuhan ASN di lingkungan Kementerian PUPR dalam rangka memenuhi target Kementerian PUPR. Hal tersebut juga dilakukan guna menerapkan manajemen talenta atau pola karir bagi ASN di lingkungan Kementerian PUPR.


Mengingat pentingnya penilaian potensi dan kompetensi untuk menyediakan data potensi dan kompetensi ASN dan penyusunan profil ASN dimana hasilnya dapat dijadikan dasar pengembangan karir sesuai dengan pola karir berbasis Sistem Merit, Herman berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan jujur sehingga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan potensi dan kompetensi diri agar dapat dikembangkan serta ditempatkan sesuai dengan potensi dan kompetensi masing-masing individu.


“Bahwa penilaian potensi dan kompetensi ini sangat penting. Disamping untuk kepentingan personal, juga untuk kepentingan unit organisasi atau unit kerja dalam pemetaan karir maupun peningkatan kinerja. Sehingga harapan kami kedepan betul-betul harus menjadi perhatian kita agar penilaian potensi dan kompetensi ini menjadi hal yang diutamakan,” tutup Herman.


Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas Gelombang 1 ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari hingga 13 Januari 2021 mendatang. Adapun peserta yang mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi ini sebanyak 64 orang peserta yang berasal dari unit organisasi Kementerian PUPR.


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Penilaian Kompetensi
KLIK DISINI ...