27-Nov-21 |
/ Berita / Bpsdm Gelar Dua Pelatihan Sekaligus Di Bapekom Wilayah Ix Jayapuranbsp1

BPSDM Gelar Dua Pelatihan Sekaligus di Bapekom Wilayah IX Jayapura 

Senin, 13 September 2021 83
BPSDM Gelar Dua Pelatihan Sekaligus di Bapekom Wilayah IX Jayapura  BPSDM Gelar Dua Pelatihan Sekaligus di Bapekom Wilayah IX Jayapura  BPSDM Gelar Dua Pelatihan Sekaligus di Bapekom Wilayah IX Jayapura  BPSDM Gelar Dua Pelatihan Sekaligus di Bapekom Wilayah IX Jayapura 

Jayapura, 13 September 2021 – Guna meningkatkan kompetensi Pejabat Fungsional Teknik Pengairan agar memahami kebijakan terkait penyelenggaraan jabatan fungsional Teknik Pengairan, dasar-dasar pelaksanaan Teknik Pengairan, serta mekanisme pengajuan DUPAK, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan Pelatihan Fungsional Teknik Pengairan Ahli. Selain itu, BPSDM melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen juga mengadakan Pelatihan Teknis Tata Persuratan demi mencetak SDM pengelola yang kompeten sehingga terwujud proses birokrasi yang efektif dan efisien. Kedua pelatihan tersebut difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah IX Jayapura. 

Pada pidato pembukanya, Kepala Bidang Manajemen Sistem dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pusbangkom Manajemen Haris Marzuki Susila, Senin (13/9) secara daring berujar,“Sebagaimana diketahui bersama, Bapak Presiden dalam pidatonya mengamanahkan penyederhanaan birokrasi guna membentuk birokrasi yang dinamis. Hal tersebut dapat dicapai melalui optimalisasi pendayagunaan jabatan fungsional yang menghargai kompetensi dan keahlian, serta proses birokrasi yang efisien, efektif, dan tidak berbelit-belit.” 

Lebih lanjut Haris mengatakan,”Dalam menjalankan amanah Presiden tersebut, Bapak Menteri PUPR selalu mengingatkan bahwa pejabat fungsional yang dalam hal ini yaitu pejabat fungsional Teknik Pengairan memiliki peran penting sebagai motor penggerak pembangunan infrastruktur khususnya infrastruktur sumber daya air. Kementerian PUPR sebagai instansi pembina JF Bidang PUPR mempunyai kewajiban untuk selalu membina JF nya. Sesuai dengan perannya sebagai motor penggerak pembangunan infrastruktur, pejabat fungsional Teknik Pengairan harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan sesuai jenjangnya, sehingga benar-benar mampu menggerakkan, meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan sumber daya air.”

Pentingnya Pelatihan Fungsional juga tersirat dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) No. 13 Tahun 2019, dimana Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah diangkat sebagai pejabat fungsional, paling lama 3 tahun wajib mengikuti dan lulus pelatihan fungsional, maka telah diprogramkan beberapa angkatan pelatihan fungsional bidang PUPR. 

Begitu pula dengan pentingnya tertib administrasi dan birokrasi yang efektif serta efisien hingga pada waktunya akan mewujudkan pelayanan publik yang mumpuni. Hal tersebut selaras dengan pernyataan Haris selanjutanya, “Jika arsip dan tata persuratan dikelola dengan baik dan benar, data atau informasi yang dibutuhkan akan dapat dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan. Sehingga proses birokrasi dapat lebih cepat, lebih sederhana, lebih efektif, dan efisien.”

Adapun peserta dalam Pelatihan Fungsional Teknik Pengairan Ahli sebanyak 31 orang yang akan menjalani pelatihan dengan total 45 Jam Pelajaran (JP), sedangkan Pelatihan Teknis Pengelolaan Tata Persuratan sebanyak 34 orang peserta dengan total 28 JP.


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi IX Jayapura

KLIK DISINI ...