27-Nov-21 |
/ Berita / Bpsdm Bekali Peserta Dalam Penyusunan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Sda1

BPSDM Bekali Peserta Dalam Penyusunan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang SDA

Rabu, 13 Oktober 2021 98
BPSDM Bekali Peserta Dalam Penyusunan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang SDA

Palembang, 13 Oktober 2021 - Dengan tujuan untuk menjaga kondisi alami sumber air dari pemanfaatan berlebih, menjamin keterpenuhan kebutuhan air sesuai prioritas, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia melaksanakan Kegiatan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Sumber Daya Air. Kegiatan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Sumber Daya Air yang telah dibuka pada Selasa (12/10) rencananya akan diselenggarakan sampai tanggal 21 Oktober 2021 di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah II Palembang.


Mewakili Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman, Kepala Bidang Manajemen Sistem dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Fitri Riandini dalam sambutannya mengatakan, "Kegiatan Rekomendasi Teknis (Rekomtek) yang dilaksanakan bertujuan untuk menjaga kondisi alami sumber air dari pemanfaatan berlebih, menjamin keterpenuhan kebutuhan air sesuai prioritas, mencegah bencana daya rusak air yang timbul akibat penggunaan sumber daya air serta meningkatkan peran masyarakat dan swasta khususnya dalam hal pembiayaan sumber daya air."


Fitri juga menjelaskan bahwa para peserta nantinya akan diberikan bekal mulai dari dasar aturan hingga perhitungan. Fitri berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. "Pada pelatihan ini, Bapak/Ibu peserta sekalian akan diberikan bekal dalam hal penyusunan Rekomtek, baik itu berupa dasar aturannya, perhitungan alokasi airnya, tata cara pelayanan serta perizinannya. Pengetahuan-pengetahuan ini sangat diperlukan dalam menjalankan tugas nantinya untuk melayani masyarakat khususnya dalam pengurusan izin pemanfaatan air. Kami harapkan Bapak/Ibu dapat mengikuti pelatihan dengan bersungguh-sungguh sehingga setelah pelatihan ini dapat menerapkannya pada pekerjaan di lapangan. Walaupun pembelajaran yang kita lakukan jarak jauh, kami berharap tidak mengurangi semangat Bapak/Ibu sekalian dalam mengikuti pelatihan ini dengan baik,"ujar Fitri.


39 Peserta yang mengikuti Kegiatan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Sumber Daya Air ini nantinya akan dibimbing oleh para Widyaiswara yang berasal dari lingkungan BPSDM Kementerian PUPR, Pejabat Fungsional yang berkompeten serta Pejabat Struktural yang berpengalaman dan ahli dibidangnya. Adapuan metode pelatihan yang digunakan adalah dengan Metode Pelatihan Pemaparan secara virtual/ ceramah, Tanya jawab/ diskusi dan Seminar.


Adapun beberapa Materi Pelatihan diantaranya Peraturan Perundangan dan Kebijakan Terkait Rekomendasi Teknik, Ruang Lingkup Rekomendasi Teknik, Prosedur Pelayanan Perizinan Pengusahaan SDA dan Penggunaan SDA serta Pemahaman Alokasi Air, Prosedur Penyusunan Rekomendasi Teknis Perizinan Pengusahaan SDA dan Penggunaan SDA, Implementasi e-Rekomtek, Permasalahan, Penyelesaian Kasus dan Evaluasi Dalam Kegiatan Rekomendasi Teknis Perizinan dan Seminar Studi Kasus.



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi II Palembang

KLIK DISINI ...