|
/ Berita / Agar Panjang Umur Jembatan Berteknologi Tinggi Perlu Pemeliharaan Khusus2

Agar Panjang Umur, Jembatan Berteknologi Tinggi Perlu Pemeliharaan Khusus

Jumat , 12 April 2019 61

Seluruh peserta nampak berdiskusi aktif dengan pengajar


Bandung (12/4) – Agar layanan jembatan berteknologi tinggi bisa sesuai dengan umur rencananya, Balai Ujicoba Sistem Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah mengadakan On the Job training (OJT) Pemeliharaan Jembatan Khusus di Jembatan Pasupati Bandung, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pelatihan Pemeliharaan Jembatan Khusus yang diselenggarakan dari tanggal 8 s.d. 13 April 2019.


Suasana di ruang kelas

Kasatker PJN Wilayah IV Jawa Barat, Howardy, menjelaskan Jembatan Pasupati merupakan proyek pertama Departemen Pekerjaan Umum untuk jembatan cable stayed dan jalan layang dengan menggunakan teknologi glued precast segmental single box girder balanced cantilever. Jembatan yang pengerjaan konstruksinya dilakukan tahun 2001 hingga 2005 ini dibangun berdasarkan usulan dari Pemerintah dan masyarakat kota Bandung sendiri (bottom up) yang kemudian diakomodir oleh Pemerintah Pusat. Selain dimaksudkan untuk mengantisipasi pertumbuhan lalu lintas yang semakin tinggi seiring pertumbuhan Kota Bandung, juga untuk meningkatkan konektivitas antara Kota Bandung dengan kota-kota lain, seperti dari arah Barat mencakup Jakarta dan sekitarnya, serta dari arah Timur mencakup Cirebon dan sekitarnya. Namun, tanpa adanya pemeliharaan yang tepat, jembatan-jembatan tersebut akan cepat rusak dan pada akhirnya mengganggu konektivitas jembatan.



Peserta pelatihan cek kondisi jembatan

Berdasarkan laporan pemeriksaan proyek, di bulan Juni 2016 terdapat kerusakan Movement Joint Viaduct (MJV) pada jalan layang Pasupati. Untuk itu OJT tersebut menekankan pada cara penanganan dan pemeliharaan dari kondisi riil di lapangan. Setelah mengikuti OJT ini diharapkan peserta dapat lebih memahami struktur dan elemen jembatan khusus, menganalisis kerusakan yang terjadi dan cara penanganannya, serta cara memelihara jembatan khusus dan mampu mengaplikasikannya di lokasi lain untuk kasus sejenis. (NP)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Uji Coba Sistem Diklat Jalan dan PIW

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()