03-Mar-21 |
/ Berita / 38 Peserta Selesai Ikuti Pelatihan Social Safeguards For Water Resources And Human Settlement Sectors

38 Peserta Selesai Ikuti Pelatihan Social Safeguards for Water Resources and Human Settlement Sectors

Jumat , 22 January 2021 65

Surabaya, 22 Januari 2021 - Training On Social Safeguards For Water Resources And Human Settlement Sectors secara distance learning selama 5 (lima) hari dari tanggal 18 sampai dengan 22 Januari 2021 yang dilaksanakan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya oleh 38 peserta, resmi ditutup Jumat (22/1).


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman Ruhban Ruzziyatno dalam sambutan penutupan mengatakan, secara spesifik Pelatihan Social Safeguards For Water Resources and Human Settlement Sectors didesain untuk memenuhi standar kompetensi jabatan Kementerian PUPR. Hal itu sesuai amanat Peraturan Menteri PUPR No.7 Tahun 2020, tentang standar kompetensi jabatan Aparatur Sipil Negara bidang teknik Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya kompetensi teknis kompetensi teknis Social Safeguards For Water Resources and Human Settlement Sectors.


“Untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko sosial dan lingkungan yang terkait dengan proyek-proyek yang didanai ADB di tingkat nasional, dimana dalam Penerapan Country Safeguard System (CSS) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pengadaan tanah/pemukiman kembali dalam proyek-proyek yang didanai ADB harus memiliki dua prasyarat: kesetaraan dan akseptabilitas. Pemerintah mengharapkan bahwa penggunaan sistem pengamanan tersebut dapat meningkatkan kapasitas lembaga khususnya kementrian PUPR dalam menangani masalah perlindungan lingkungan, Oleh karena itu, peningkatan kompetensi ini sangat diperlukan untuk menjamin kinerja pelaksanaan Proyek yang didanai ADB dengan diadakanya pelatihan ini,”tegas Ruhban.


Ruhban juga menambahkan selain dari knowledge dan skill, peningkatan kompetensi seseorang ditentukan oleh faktor attitude, dimana ketiga unsur tersebut merupakan satu kesatuan membentuk kompetensi. Sehingga kedisiplinan dan komitmen yang merupakan bagian dari attitude juga menjadi perhatian dalam pelatihan ini.


Berdasarkan hasil pengamatan dari Pusat Pengembangan Kompetensi SDA Konstruksi, secara umum penyelenggaraan Pelatihan social safeguards for water resources and human settlement sectors sudah berjalan sesuai dengan ketentuan dan lancar, yaitu adanya interaksi dan diskusi yang baik antara pengajar dengan peserta dan juga terjadi sharing knowledge di antara peserta pelatihan.


Menutup sambutan pelatihan Ruhban juga menyampaikan 3 (tiga) pesan kepada peserta untuk diingat dalam menjalankan tugas nantinya: kenalilah diri anda sendiri, agar apa yang anda lakukan sesuai dengan kompetensi yang anda miliki,gunakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diterima sebagai kesempatan untuk melayani orang lain sebanyak mungkin, karena semakin anda melayani maka anda akan semakin ditinggikan oleh Tuhan dan jujurlah dalam setiap kondisi apapun, karena pada akhirnya kebenaran pasti akan menjadi pemenang.


Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()