03-Aug-21 |
/ Berita / 33 Peserta Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Guna Penuhi Standar Kompetensi Manajerial1

33 Peserta Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Guna Penuhi Standar Kompetensi Manajerial

Senin , 24 Mei 2021 73

Jakarta, 24 Mei 2021 – Untuk memenuhi standar kompetensi manajerial dan mengembangkan kompetensi kepemimpinan bagi pejabat administrator, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang dimulai pada Senin (24/5) di Jakarta.

 

Pelatihan Kepemimpinan Administrator diharapkan dapat menghadirkan sosok pemimpin administrator yang memiliki integritas tinggi dan memiliki kepemimpinan kinerja yang baik guna menggerakkan anggota tim nya. “Bapak Ibu sekalian tau persis di Unit Kerjanya itu kondisi kelemahannya ada dimana. Anda di masing-masing Unit Kerja itu pasti punya pemikiran-pemikiran bagaimana memajukan kinerjanya,”ujar Sugiyartanto dalam pidato pembukaannya.

 

“Kontribusi dari Unit Organisasi didapat dari kontribusi kinerja masing-masing Unit Kerja dengan turunannya, yaitu Satuan Kerja. Nah itulah yang akan berkontribusi pada kinerja Kementerian,”lanjut Sugiyartanto. Dengan memiliki kepemimpinan kinerja, pemimpin akan mampu menggerakkan semua anggota timnya untuk bekerja secara bersama dalam mencapai tujuan organisasi. Kemampuan mempengaruhi orang hingga secara sukarela mau bekerja untuk seorang pemimpin merupakan sebuah seni kepemimpinan pada level yang tinggi.

 

Untuk mencapai kompetensi kepemimpinan Administrator maka peserta pelatihan akan dihadapkan pada 4 agenda pembelajaran yaitu; Pertama Agenda Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme; Kedua, agenda Kepemimpinan kinerja; Ketiga, agenda Manajemen Kinerja; serta Keempat, agenda Aktualisasi Kepemimpinan. Keempat agenda pembelajaran inilah yang diharapkan nantinya akan mampu melahirkan sosok-sosok kepemimpinan ASN yang memiliki kemampuan kepemimpinan Manajemen Kinerja, tercapainya birokrasi yang mampu melahirkan daya saing dan menggerakkan sebuah organisasi demi mencapai kinerja.

 

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Kompetensi Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah III Jakarta ini dilaksanakan hingga 3 September mendatang selama 91 hari. Selama pelaksanaannya, peserta selama 31 hari On Campuss (secara blended learning) dengan paduan metode klasikal dan virtual class/distance learning serta 60 hari Off Campuss dimana peserta melakukan implementasi aksi perubahan di unit kerja masing-masing.

 

Sebanyak 33 orang peserta yang berasal dari unit organisasi Kementerian PUPR dan akan menjalani 797 Jam Pelajar (JP) dan diberikan materi oleh para pengajar berkompeten di bidangnya yang berasal dari Kementerian PUPR, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Pejabat Fungsional dan Instruktur.


Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen


KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()