|

Tetap Fit dalam Bekerja selama Bulan Ramadan

Senin , 13 Mei 2019 0 133

M emasuki Bulan Ramadan tentunya akan ada beberapa rutinitas yang berubah. Baik dari waktu makan, istirahat dan jam kerja. Umumnya di kantor manapun jam masuk dan pulang kerja menjadi lebih awal agar bisa buka puasa di rumah. Lalu bagaimana caranya menyesuaikan diri dengan jam kerja yang lebih awal dalam keadaan berpuasa? 

Kami telah merangkum berbagai siasat yang dapat diaplikasikan bagi teman-teman BPSDM saat bekerja dengan kondisi berpuasa. Beberapa diantaranya adalah:

1. Jangan lewatkan sahur dan perhatikan asupan gizi

Hal yang paling mendasar agar tetap bugar dan semangat bekerja saat puasa, yakni dengan tidak melewatkan sahur. Sama halnya dengan sarapan pagi, sahur berperan penting untuk menjaga kebutuhan energi selama berpuasa hingga tiba waktu berbuka. Buat yang merantau dan tidak tinggal dengan orang tua, terkadang sedikit malas untuk bangun sahur ya biasanya. Wah jangan seperti itu ya, teman-teman..


Nah, agar tidak lemas di siang hari, teman-teman perlu mempertimbangkan asupan gizi saat sahur. Varian menunya bisa memilih konsumsi sumber karbohidrat, seperti nasi, pasta, roti, gandum, dan oat agar kenyang lebih lama. Sertakan juga dengan sumber protein yang meliputi telur, keju, atau daging rendah lemak guna menambah kecukupan energi. Makanlah biji-bijian yang mengandung protein sehingga membuat teman BPSDM lama kenyang, sayur dan buah yang mengandung air dan serat tinggi, serta banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.


Ilustrasi menu sehat saat puasa

2. Buat daftar pekerjaan sebagai target harian

Pertama, teman-teman harus mengingat terlebih dulu bahwa bekerja sama dengan ibadah. Dan dalam menjalankan ibadah tentunya tidak mudah, ada saja godaannya dari mulai rasa lapar, haus, sampai emosi pun diuji. Terlebih lagi ketika puasa, kurangnya energi dapat menyebabkan konsentrasi teman-teman berkurang, sehingga menjadi sulit fokus ketika di kantor. Oleh karena itu, salah satu cara untuk membantu teman BPSDM tetap fokus selama berpuasa, sebaiknya buatlah daftar pekerjaan yang dikerjakan setiap harinya, dan tentukan skala prioritasnya.

3. Sempatkan beristirahat

Teman BPSDM, terlalu banyak makan saat sahur pun bisa membuat teman-temam menjadi mudah mengantuk lho. Namun tidak hanya itu, mengantuk selama puasa bukan hanya disebabkan oleh porsi makan yang terlalu banyak. Melainkan karena teman-teman tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Ketika puasa teman-teman mulai lemas. Daripada memaksakan diri, lebih baik beristirahat sejenak dari pekerjaan. Beruntung bila di kantor Anda terdapat napping room yang dapat Anda gunakan untuk tidur sebentar (power napping) 10-15 menit.

Apalagi jika beberapa dari kita memilih untuk langsung siap-siap bekerja setelah solat subuh. Mungkin juga teman-teman banyak menghabiskan waktu di malam hari untuk beribadah sehingga jam istirahat pun akan berkurang. Sempatkanlah untuk mengganti istirahat di siang hari saat di kantor, yang biasanya kita gunakan untuk makan siang. Meskipun tidak bisa selama yang kita butuhkan, setidaknya tubuh kita tidak terlalu diforsir untuk terus bekerja.


4. Kelola stres dengan baik

Sebagian besar pekerja kantoran, tentunya disibukkan dengan setumpuk pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran. Namun, jangan sampai tanggung jawab kita di kantor justru membuat merasa tidak nyaman hingga akhirnya membuat stres. Pasalnya, menurut Jonathan Kramer, seorang psikolog klinis mengatakan kalau stres bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan pada akhirnya meningkatkan risiko terserang penyakit.

Tentu teman BPSDM tidak ingin hal ini mengganggu puasa dan pekerjaan, bukan? Stres dengan pekerjaan pasti ada dan itu normal, tapi penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak menghambat produktivitas teman-teman sekalian. Beberapa hal ringan, seperti meluangkan waktu bersama keluarga di hari libur, menonton film, membaca buku favorit, ataupun memanjakan diri dengan melakukan perawatan tubuh disinyalir bisa membuat kita lebih rileks.


Ilustrasi berolahraga jelang berbuka puasa

5. Olahraga ringan

Nah ini nih, Jangan jadikan puasa sebagai alasan teman BPSDM malas berolahraga. Duduk di kantor seharian tentunya membuat tubuh jarang melakukan pergerakan, jika dibiarkan terus-menerus maka bisa mengakibatkan rasa lemas yang akan menurunkan performa kerja. Maka itu, teman BPSDM bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, maupun setelah sahur sebelum bersiap berangkat ke kantor. Atau jika benar-benar tidak sempat, kita tetap bisa berolahraga ringan dengan meluangkan waktu untuk berjalan menuju kantor.

Selain itu, berolahraga saat berpuasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengusir bau mulut. Bagaimana caranya? Well, saat tubuh kita bergerak, keringat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Nah, hal ini ternyata juga akan menetralkan bau mulut dari gas negatif yang berlebih pada siang hari. Jadi, berolahraga lah jelang buka puasa.

Demikian tips agar Anda dapat tetap produktif meskipun bekerja dalam keadaan berpuasa. Dengan melakukan tips yang tepat maka akan membuat tubuh tidak akan mengalami rasa lemas dan malas-malasan ketika bekerja. Menjaga tubuh supaya tetap dalam kondisi yang baik dan bugar menjadi hal yang penting supaya tubuh tetap dalam kondisi yang prima saat bekerja. Selamat melanjutkan ibadah puasa, teman BPSDM!