30-Sep-20 |

Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi

Jumat , 14 Agustus 2020 0 123

Merebaknya virus corona (COVID-19), olahraga di rumah menjadi pilihan yang tepat di saat pusat olahraga tidak beroperasi. Olahraga di rumah bisa menjadi salah satu upaya agar penyebaran Virus Corona tidak semakin massive. 

Walaupun pusat olahraga tutup dan hanya di rumah saja, olahraga harus tetap dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bisa mengurangi resiko terpaparnya Virus Corona. Berikut olahraga yang dapat dilakukan saat di rumah.

1. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga sederhana yang dapat membuat jiwa lebih tenang. Walaupun terlihat mudah, tetapi yoga memiliki banyak sekali gerakan yang dapat membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Kalian dapat melakukan gerakan yoga sendiri tanpa pelatih dengan mencari panduan dari youtube.

Manfaat yoga tidak hanya untuk membakar lemak, tetapi yoga juga dapat membuat pikian lebih tenang dan tidak mudah stress.





2. Olahraga Kardio

Olahraga kardio dapat membakar lemak, menjaga sistem kekebalan tubuh dan melindungi jantung dari berbagai macam gangguan. Olahraga ini dapat dilakukan menggunakan dengan atau tanpa alat. Jika kalian memiliki treadmill di rumah dengan berjalan dengan kecepatan tertentu dapat menjadi olahraga kardio yang mudah dilakukan. Tapi jika kalian tidak memiliki treadmill, banyak gerakan gerakan yang dapat dilakukan salah satunya yaitu burpee atau lompat tali.




3. Menari

Jika kalian bosan dengan olahraga di atas, menari bisa menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Menari dapat membuat tubuh tetap aktif bergerak, cukup menyalakan musik favorit kalian dan lakukanlah gerakan mengikuti alunan musik.





4. Aerobik

Aerobik juga merupakan olahraga mudah yang dapat dilakukan di rumah salah satunya Zumba. Zumba biasanya dilakukan dengan ada instruktur di depan kita namun karena pandemi corona membuat kita tidak bisa melakukan Zumba bersama-sama, cukup memutar panduannya dari YouTube dan lakukan selama lebih kurang 30 menit. Dan ternyata aerobik juga bisa mengurangi gejala depresi lho.





(Kompu BPSDM PUPR, dari berbagai sumber)