|

Kamus Kompetensi Inti, Manajerial, dan Sosial Kultural

KOMPETENSI INTI

Integritas (Int)
Mengetahui, bertindak sesuai nilai-nilai, etika dan peraturan yang berlaku dalam organisasi, serta dapat menjadi panutan.
Level Kompetensi
1    Mengetahui nilai-nilai, etika, dan peraturan, namun belum konsisten untuk mematuhinya.
2    Melakukan tindakan secara konsisten dan berpegang pada nilai-nilai, etika, dan peraturan.
3    Mampu memberikan umpan balik secara positif atas perilaku yang tidak konsisten terhadap nilai-nilai, etika, dan peraturan.
4    Menciptakan suasana kerja yang mendukung untuk berperilaku konsisten sesuai dengan nilai-nilai, etika, dan peraturan.
5    Menjadi panutan/inspirasi bagi orang lain dalam bertindak/bekerja sesuai dengan nilai-nilai, etika, dan peraturan.

Berorientasi pada Pelayanan (BpP)
Memberikan dan membangun sistem pelayanan prima pada pelanggan  internal maupun eksternal organisasi.
Level Kompetensi
1    Memberikan pelayanan berdasarkan perintah.
2    Memberikan pelayanan sesuai tugas dan fungsi.
3    Memberikan pelayanan secara proaktif sesuai kebutuhan pelanggan.
4    Mengambil langkah-langkah antisipatif guna memberikan kepuasan pelanggan untuk jangka waktu yang panjang.
5    Membangun sistem pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.
 
Kerja Sama (KS)
Bekerja  secara kooperatif dengan pihak internal maupun eksternal  untuk mencapai tujuan organisasi.
Level Kompetensi
1    Terlibat dalam kegiatan bersama.
2    Aktif membina hubungan kerjasama dalam rangka mendukung tercapainya tujuan organisasi.
3    Mendorong semua pihak untuk terlibat dalam kerjasama guna mencapai tujuan organisasi.
4    Membina hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak terkait  dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
5    Membangun komitmen kerjasama jangka panjang dengan berbagai pihak.
 
Komitmen Organisasi (KtO)
Kemauan dan kerelaan untuk menyelaraskan sikap dan perilaku dalam bekerja dengan mengutamakan kepentingan organisasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi organisasi.
Level Kompetensi
1    Bekerja untuk memenuhi  kepentingan pribadi.
2    Melaksanakan pekerjaan mengacu visi misi organisasi.
3    Mendorong orang lain untuk bertindak selaras dengan visi misi organisasi.
4    Membuat terobosan yang mendorong berbagai pihak berperilaku konsisten sesuai dengan visi misi organisasi.
5    Menjadi panutan bagi seluruh anggota organisasi dalam mendukung tercapainya visi dan misi organisasi.


KOMPETENSI MANAJERIAL

Analisis  Strategis (AS)
Memahami situasi/masalah dengan mengintegrasikan informasi dari berbagai aspek secara luas dan mempertimbangkan dampak jangka panjang bagi organisasi.
Level Kompetensi
1    Menggunakan metode analisa untuk memahami masalah.
2    Mengevaluasi ketepatan metode analisa dalam rangka membuat pilihan- pilihan strategis.
3    Mengidentifikasi dan memperhitungkan aspek internal dan eksternal yang mempengaruhi arah organisasi dalam memahami situasi/masalah.
4    Mengembangkan ide strategis yang mendukung pencapaian visi organisasi dengan mempertimbangkan dampaknya.
5    Mengembangkan visi untuk meningkatkan kapabilitas organisasi dalam menghadapi tantangan lingkungan eksternal.


Berpikir Analisis (BA)
Memahami situasi/masalah dengan mengidentifikasi, menguraikan, menghubungkan data dan informasi untuk membuat kesimpulan.
Level Kompetensi
1    Mengidentifikasi adanya masalah.
2    Memahami permasalahan secara sederhana.
3    Memahami masalah dengan menggunakan cara berpikir yang kompleks.
4    Menggunakan metode analisa untuk memahami masalah.
5    Berpikir sistemik dan visioner.

Berpikir Konseptual (BK)

Merumuskan atau membuat kesimpulan berupa teori, metode atau sistematika kerja berdasarkan informasi yang tersedia.
Level Kompetensi
1    Mengumpulkan informasi untuk mengidentifikasi masalah.
2    Menggunakan informasi untuk mengidentifikasi masalah.
3    Mengidentifikasi pola hubungan dan memunculkan teori, metode atau sistematika kerja.
4    Membuat modifikasi metode pemecahan masalah yang paling efektif.
5    Mengkaji metode untuk membuat teori, metode atau sistem

Berorientasi pada Kualitas (BpK)
Melaksanakan tugas-tugas dengan mempertimbangkan semua aspek pekerjaan secara detil untuk mencapai mutu yang lebih baik.
Level Kompetensi
1    Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standar/aturan/prosedur.
2    Mengamati jalannya pelaksanaan tugas dan mengidentifikasi perlunya perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas kerja.
3    Mengkaji proses dan hasil kerja dengan cermat untuk mengantisipasi masalah yang timbul untuk meningkatkan kualitas kerja.
4    Membuat standar kerja baru untuk memperbaiki proses dan hasil kerja agar efektif dan efisien.
5    Memastikan adanya perbaikan standar kerja secara terus menerus untuk memperoleh hasil kerja yang lebih efektif dan efisien.

Fleksibilitas Berpikir (FB)
Menggunakan berbagai sudut pandang dalam menghadapi perbedaan dan / atau perubahan.
Level Kompetensi
1    Menggunakan sudut pandang pribadi.
2    Mengikuti alur pemikiran dari pandangan orang lain.
3    Memilih sudut  pandang terbaik dari berbagai pihak dalam menghadapi situasi.
4    Menyelaraskan sudut pandang pribadi dengan sudut pandang berbagai pihak untuk menghadapi  situasi kompleks.
5    Berfikir/memiliki  sudut pandang yang luas untuk kepentingan bersama.

Inisiatif (Ini)
Mengambil langkah-langkah aktif tanpa menunggu perintah untuk tujuan organisasi.
Level Kompetensi
1    Bekerja menunggu perintah.
2    Menyelesaikan tugas rutin sesuai dengan prosedur.
3    Melakukan langkah aktif dalam proses penyelesaian pekerjaan.
4    Mengambil tindakan konstruktif untuk memperbaiki situasi kerja yang tidak kondusif.
5    Mengembangkan ide baru untuk menyelesaikan tugas yang menantang.

Inovasi (Inov)
Membuat solusi alternatif dalam situasi kerja dengan mencoba cara yang berbeda dan orsinil untuk mengatasi masalah.
Level Kompetensi
1    Menganalisa kemungkinan cara-cara untuk menyelesaikan masalah.
2    Mencetuskan ide/gagasan yang telah diperbarui dalam penyelesaian tugas.
3    Mencari alternatif solusi potensial dalam pemecahan masalah.
4    Mengembangkan solusi-solusi alternatif baru dalam pemecahan masalah.
5    Mengimplementasikan ide/cara yang unik dan orisinil dalam menyelesaikan masalah.

Kepemimpinan (Kp)
Tindakan meyakinkan, mempengaruhi dan memotivasi orang lain di lingkungan kerjanya dengan tujuan agar mereka mengikuti atau mendukung rencana kerja unit / organisasi.
Level Kompetensi
1    Memberikan instruksi kerja.
2    Mampu meyakinkan orang lain dengan menggunakan argumen yang logis.
3    Mampu memotivasi orang lain untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam rangka mendukung rencana kerja organisasi.
4    Menggunakan teknik-teknik tertentu dalam mempengaruhi, mengarahkan dan menggerakkan orang lain.
5    Membangun situasi kerja yang kondusif.

Kepemimpinan Strategis (KpS)
Mewujudkan kondisi masa depan organisasi dengan mempengaruhi, menggerakkan orang lain dan mengelola sumber daya dalam jangka panjang
Level Kompetensi
1    Menjalankan program kegiatan yang sudah ada.
2    Menterjemahkan visi organisasi pada tujuan-tujuan yang dapat diukur.
3    Memahami visi organisasi untuk diwujudkan dalam program dan kegiatan kerja.
4    Menyelaraskan sistem, sumber daya dan lingkungan kerja.
5    Merumuskan visi organisasi sesuai dengan tantangan masa depan.

Komunikasi Lisan (Komlis)
Menyampaikan pendapat/ tanggapan secara lisan dengan menggunakan kata/kalimat yang mudah dimengerti orang, baik perorangan maupun dalam kelompok.
Level Kompetensi
1    Menyampaikan ide atau pemikirannya kepada orang lain.
2    Memberikan pendapat/tanggapan  dengan menggunakan kalimat sederhana.
3    Mengungkapkan pendapat/ tanggapan dengan kalimat yang sistematis dan mudah dimengerti.
4    Menggunakan gaya bahasa disesuaikan dengan lawan bicara.
5    Memberikan inspirasi melalui cara komunikasinya sehingga mempengaruhi pendirian/pemikiran orang lain.

Komunikasi Tertulis (Komtul)
Menyampaikan pendapat/ ide/ informasi/ laporan/ hasil kajian secara jelas dengan menggunakan tulisan dan tata bahasa yang baik dan benar serta mengikuti kaidah baku.
Level Kompetensi
1    Menyampaikan informasi seadanya.
2    Menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan sederhana dan dapat dipahami pembaca.
3    Menyampaikan informasi secara jelas dengan menggunakan teknik penulisan yang sesuai dengan kebutuhan.
4    Menuangkan ide/pendapat dalam bentuk tulisan secara sistematis dengan penulisan yang benar.
5    Menggunakan cara penulisan sesuai kaidah baku dalam menuangkan hasil kajian.

Mengambil Resiko (BilRis)
Keberanian mengambil tindakan untuk mendapat manfaat dengan telah mempertimbangkan kemungkinan kegagalan dan hasil yang buruk.
Level Kompetensi
1    Mengidentifikasi kemungkinan resiko dari berbagai alternatif tindakan.
2    Mengidentifikasi konsekuensi atas tindakan yang akan diambil.
3    Berani melakukan tindakan berdasarkan perhitungan resiko.
4    Berani bertanggung jawab atas resiko yang telah diperhitungkan atas tindakan yang diambil.
5    Memiliki komitmen dalam mengambil tindakan yang beresiko.

Mengarahkan/Memberikan Perintah (MMP)
Memerintah dan mengarahkan bawahan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan posisi dan kewenangannya.
Level Kompetensi
1    Memberikan perintah atau arahan secara umum.
2    Memberikan arahan/perintah dengan arahan  secara rinci.
3    Memerintahkan bawahan yang berkompeten untuk melaksanakan pekerjaan.
4    Membandingkan antara kinerja bawahan dengan standar yang telah ditetapkan..
5    Menuntut kinerja yang tinggi dengan menetapkan standar, sumber daya yang baik, kualitas dan pengawasan yang ketat.

Mengembangkan Orang Lain (MOL)
Melakukan upaya mendorong/ mengembangkan bawahan atau rekan kerja agar dapat bekerja lebih optimal.
Level Kompetensi
1    Mendapatkan gambaran tentang potensi bawahan atau rekan kerja.
2    Memberikan saran yang bermanfaat untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan.
3    Memberikan umpan balik untuk meyakinkan bahwa bawahan atau rekan kerja mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik dan meningkatkan kinerja.
4    Membangkitkan motivasi bawahan atau rekan kerja yang merasa tidak mampu atau gagal dalam menghadapi pekerjaan
5    Menyusun program pengembangan bawahan untuk tujuan jangka panjang.

Negosiasi (Nego)
Meyakinkan orang lain melalui berbagai alternatif cara untuk mendapatkan kesepakatan bersama.
Level Kompetensi
1    Mengidentifikasi alternatif-alternatif untuk kesepakatan.
2    Menjaga hubungan interpersonal agar tetap fokus pada tujuan.
3    Memecahkan permasalahan dengan cara bertukar pikiran untuk mencari pendekatan dan mengevaluasi secara terbuka.
4    Membangun dukungan bagi alternatif pilihan dengan tetap memperhatikan kepentingan pihak terkait.
5    Membuat solusi yang saling menguntungkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan utama berbagai pihak.

Pencarian Informasi (PI)
Mencari data dan informasi yang dibutuhkan secara sistematik untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pekerjaan.
Level Kompetensi
1    Berinisiatif  dan mengumpulkan data dan informasi dari orang lain atau berbagai media yang terpercaya.
2    Menggali lebih dalam data dan informasi melalui pertanyaan pada orang lain yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.
3    Mengolah data dan informasi yang terkumpul menjadi informasi yang sesuai kebutuhan.
4    Melakukan pengkajian informasi yang dapat mendukung penyelesaian pekerjaan.
5    Mengembangkan cara mencari data dan informasi yang lebih baik berdasarkan evaluasi pengumpulan data dan informasi.

Pengambilan Keputusan Strategis (PKS)
Membuat kebijakan dan tindakan yang tepat sesuai kepentingan organisasi dengan mempertimbangkan kepentingan semua pihak dan dampak jangka panjang.
Level Kompetensi
1    Memahami  visi dan misi organisasi dan menetapkan sasaran yang sesuai tujuan organisasi.
2    Menjabarkan sasaran ke dalam langkah tindakan yang lebih spesifik.
3    Melakukan evaluasi terhadap alternatif tindakan pencapaian sasaran dengan memperhitungkan kendala yang muncul dalam implementasinya.
4    Mengantisipasi berbagai kemungkinan timbulnya dampak jangka panjang atas keputusan yang diambil dan mengembangkan tindakan mitigasinya.
5    Menetapkan kebijakan yang berorientasi jangka panjang melalui pertimbangan yang komprehensif untuk memastikan pencapaian visi dan misi organisasi.

Pengaturan Kerja (PkJ)
Kemampuan dalam mengelola pekerjaan dengan mempertimbangkan waktu dan sumber daya yang ada.
Level Kompetensi
1    Menyelesaikan tugas sesuai dengan tuntutan dan perintah.
2    Mengenali tugas-tugas / pekerjaan yang lebih penting dan kurang penting.
3    Menyusun rencana kerja bagi unit kerjanya dengan mempertimbangkan alokasi waktu dan sumber daya lainnya.
4    Mengkoordinasikan dan mensinergikan rencana dan pelaksanaan pekerjaan unitnya dengan unit kerja lain.
5    Membangun system yang memastikan pelaksanaan pekerjaan di unitnya sesuai dengan rencana sinergi dengan unit kerja lain untuk mencapai sasaran organisasi.

Perencanaan dan Pengorganisasian (PP)
Menyusun rencana kerja yang efektif dan efisien dengan mengoptimalkan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang mendukung Visi dan Misi organisasi.
Level Kompetensi
1    Menyusun rencana kegiatan sederhana.
2    Menyusun rencana kegiatan dengan mempertimbangkan skala prioritas.
3    Mengorganisasikan seluruh sumber daya yang dibutuhkan secara optimal.
4    Mensinkronkan berbagai rencana kerja untuk mencapai tujuan yang mendukung Visi dan Misi Organisasi.
5    Mensinergikan berbagai rencana kerja untuk mendukung pencapaian Visi dan Misi Organisasi, dengan mengantisipasi dampak lanjutan (multiplier effects).


KOMPETENSI SOSIAL KULTURAL

Tanggap Terhadap Pengaruh Budaya, Suku dan Agama (TPBSA)

Kemampuan menghargai keragaman budaya, suku dan agama serta perbedaannya yang menjadi latar belakang individu pegawai dan lingkungan masyarakat di sekitarnya.
Level Kompetensi
1    Menentukan perbedaan budaya dapat mempengaruhi efektivitas pencapaian tujuan organisasi dan harmoni masyarakat.
2    Menghimpun masukan berbagai sudut pandang yang berbeda, dan melakukan tindakan yang sesuai dengan norma budaya yang berlaku sesuai dengan latar belakang budaya, suku         dan agama yang ada.
3    Mengajak orang lain untuk menghargai perbedaan budaya, suku dan agama.
4    Mendayagunakan perbedaan budaya, suku dan agama untuk menunjang kelancaran pencapaian tujuan organisasi dan penerimaan organisasi di lingkungan masyarakat sekitarnya.
5    Menciptakan suasana interaksi setiap individu untuk bekerjasama dalam lingkungan internal organsisasi dan lingkungan eksternal di masyarakat sehingga dirasakan keberadaannya       secara positif.