|

Pentingnya Training of Trainers Bagi Regenerasi SDM PUPR

Selasa , 05 September 2017 207

Peserta menyimak sambutan yang disampaikan Sekretaris BPSDM

Bintaro (05/08) – Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, abdi negara diwajibkan menjadi pelayan publik yang selalu ‘melayani’ masyarakat. Karena itu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan pelatihan Training of Trainers (ToT) kepada para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama 5 (lima) hari terhitung dari tanggal 4-8 September 2017 di Bintaro, Tangerang Selatan. Sejumlah peserta hadir dari berbagai unit organisasi di PUPR.

‘‘Training of Trainers adalah salah satu program pelatihan berbasis soft skill yang harus diikuti bagi siapa saja yang dalam aktifitas kegiatannya akan menjadi seorang trainer, ataupun pemimpin yang bertugas mendelegasikan ilmu dan pengetahuan sebagai bentuk edukasi atau pun transfer pengetahuan di sebuah organisasi. Adanya program ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan seorang pengajar atau trainer yang profesional. BPSDM pun berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Kementerian PUPR menjadi sangat signifikan’’, demikian disampaikan oleh Sekretaris BPSDM - A.Hasanudin dalam sambutannya.


Sambutan Sekretaris BPSDM-A.Hasanudin

Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi dapat dilakukan dalam bentuk pendidikan dan/atau pelatihan. Pengembangan kompetensi dalam bentuk pelatihan sebagaimana dimaksud di antaranya adalah melalui jalur pelatihan klasikal melalui proses tatap muka di dalam kelas. Untuk mendukung keberhasilan pelatihan secara klasikal ini ada empat komponen yang harus diperhatikan, yaitu: Kurikulum Pelatihan, Sumber Daya Manusia (Pengajar/Widyaiswara, Peserta, dan Pengelola), Sarana dan Prasarana, serta Biaya Pelatihan. Dengan memperhatikan empat komponen di atas, maka kualitas pengajar atau widyaiswara, adalah salah satu pendukung terhadap keberhasilan pelatihan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Penyelenggaraan TOT (Training of Trainer) bagi pengajar menjadi sangat penting untuk dilaksanakan.