|

Pembekalan Nilai-Nilai Dasar PNS Melalui Pelatihan Dasar CPNS

Rabu , 04 Juli 2018 62

Suasana Pelatihan Dasar CPNS golongan III Batch III

Jakarta (04/07) - Pelatihan Dasar CPNS golongan III Batch III kelas D dan Kelas E Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta sesuai dengan Peraturan Kepala LAN no. 25 tahun 2017 telah memasuki tahap agenda II yaitu Agenda Nilai- Nilai Dasar PNS. Agenda pembelajaran ini membekali peserta dengan nilai-nilai dasar yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas jabatan PNS secara profesional sebagai pelayan masyarakat yang meliputi kemampuan: berakuntabilitas, mengedepankan kepentingan nasional, menjunjung tinggi standar etika publik, berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas jabatannya, serta tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan instansinya. Kemampuan-kemampuan tersebut diperoleh melalui pembelajaran mata Pelatihan Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA).

Narasumber Memberikan Paparan Kepada Para Peserta Pelatihan Dasar CPNS

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 Juli 2018 dan dihadiri oleh Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Bapak Hadi Nugroho, S.Sos.,M.Si) yang sekaligus menyampaikan paparan mengenai Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat. Pada kesempatan tersebut juga hadir Kepala Sub Bidang Pengumpulan dan Pengolahan Data Kementerian Sekretariat Negara serta Widyaiswara Kementerian PUPR yaitu Bapak Ir. Setia Budi, ST., MT dan Ir. Adriananda, M.Eng.Sc.

Foto Bersama Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Batch III Kelas D

Lokus yang diamati pada kegiatan studi lapangan Nilai-Nilai Dasar PNS adalah pada Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan, khususnya pada Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat, dimana salah satu inovasinya berupa Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat diakui sebagai salah satu dari 99 Inovasi Pelayanan Publik terbaik se-Indonesia oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Foto Bersama Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Batch III Kelas E

Dalam studi lapangan kali ini peserta mendapatkan paparan mengenai Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat, meliputi latar belakang dan permasalahan yang dihadapi sebelum adanya inovasi, proses pengembangan inovasi, pelaksanaan dan penerapan inovasi, serta hasil dan dampak dari penerapan inovasi ini, khusunya bagi masyarakat dan pemerintah. Adanya inovasi Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat tersebut berdampak pada meningkatnya trend respon dari instansi teknis terkait atas pengaduan yang telah diteruskan oleh Kementerian Sekretariat Negara dari sebesar 17,59% pada Tahun 2013 menjadi sebesar 84% pada Tahun 2017. Selain itu, jumlah pengaduan yang berhasil diselesaikan juga meningkat dari tahun ke tahun, yaitu dari sebanyak 1.102 pengaduan selesai pada Tahun 2016 meningkat menjadi 1.194 pengaduan selesai pada Tahun 2017. Manfaat yang diperoleh dari penerapan inovasi ini selain memberikan dorongan bagi instansi teknis terkait untuk meningkatkan capaian kinerja dan menyelesaikan permasalahan yang selama ini menjadi beban instansi, juga meningkatkan kepuasan masyarakat, khususnya yang menyampaikan aduan, yang terlihat dari berbagai testimoni dari masyarakat baik dalam bentuk pernyataan lisan maupun tertulis yang berujung pada peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah. (Balai III)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat III Jakarta

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()