|

Pedoman Penilaian Kinerja yang Disusun Secara Terstruktur oleh BPSDM

Selasa , 15 Mei 2018 111

Kepala Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja-Chitra Mardi Rahayuningsih memberikan sambutan


Bandung (15/05) - Mengikuti aturan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam Pasal 69 menyatakan bahwa pengembangan karier harus berdasarkan kualifikasi, penilaian kompetensi, kinerja dan kebutuhan organisasi. Maka, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan kegiatan penyusunan pedoman terkait penilaian kinerja yang diikuti oleh 40 peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja-Chitra Mardi Rahayuningsih mengatakan,”Kementerian PUPR untuk sistem manajemennya mendapat penilaian yang baik. Dan penilaian dari KSN sebagai salah satu syarat sistem married. Hal ini langsung terkoneksi dengan Reformasi Birokrasi, sehingga dapat memengaruhi tunjangan kinerja kita menajdi 100% jika kita dapat mengoptimalkan kinerja di lapangan”.


Para peserta serius menyimak arahan

Terkait pelaksanaan Reformasi Birokrasi, khususnya dalam bidang SDM perlu dilakukan penilaian prestasi kerja bagi setiap PNS Kementerian PUPR. Pada tahun 2017 ini telah dimulai sistem pembayaran Tunjangan Kinerja dengan salah satunya mengacu pada penilaian prestasi kerja sehingga kita harus benar-benar serius dalam melakukan penyusunan dan penilaian SKP. Maka, perlu ada komitmen pimpinan untuk penerapannya dan pejabat penilai untuk dapat memberikan penilaian kinerja yang objektif dan terukur

Kegiatan ini dibagi menjadi dua ruang kelas yang berbeda topik pembahasannya, yakni sesi penyusunan indikator kompetensi teknis bidang sumber daya air dan penyusunan kualifikasi jabatan. Masing-masing peserta diminta untuk memberikan masukkan yang kiranya dapat meningkatkan kinerja ke depannya.


Salah satu kegiatan di sesi kelas diskusi

“Di dalam sistem married harus ada kejelasan karier bagi setiap individu. Individu bisa menyusun kariernya sendiri. Bukan semata-mata ada kedekatan dengan para pejabat seperti rumor masa lalu. Dan penilaian kinerja bukan semata-mata tugas dari Bagian Kepegawaian saja. Ini tugas kita bersama”, pesan Chitra dalam menutup sambutannya. (Rz)



Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()