|

BPSDM Adakan Pelatihan dan Sertifikasi Supervisi Program Pelatihan Kerja untuk Pejabat Pengawas

Selasa , 15 Mei 2018 34

Para peserta menyimak arahan Sekretaris BPSDM


Bintaro (15/05) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) kerap mengupayakan yang terbaik bagi peningkatan kualitas SDM di dalam Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Untuk itu, demi memperkuat peran dan tanggung jawab lembaga pelatihan di lingkungan BPSDM, maka diadakanlah peningkatan kompetensi para pejabat pengawas yang bertugas dalam supervisi program pelatihan selama 3 hari, 14-16 Mei 2018 di Bintaro, Tangerang Selatan.


Sekretaris BPSDM-KM. Arsyad memberikan sambutan

“Kami (BPSDM) berkeinginan kuat agar Kementerian PUPR ini menjadi lembaga sertifikasi untuk pelatihan di bidang teknis. Sehingga ke depan, pelatihan-pelatihan teknis di bidang ke-PU-an dapat diberikan sertifikat oleh LAN (Lembaga Administrasi Negara) apabila disupervisi oleh BPSDM. Walaupun kita (BPSDM) sudah punya akreditasi dari LAN, namun masih tetap diawasi oleh LAN”, demikian disampaikan oleh Sekretaris BPSDM-KM. Arsyad dalam sambutannya.


Salah satu Narasumber memberikan materi

Akreditasi penyelenggaraan diklat menjadi suatu kebijakan penting dalam rangka menentukan kelaikan dan mutu suatu lembaga pelatihan pemerintah. Suatu lembaga dapat terakreditasi bilamana telah memenuhi seluruh kriteria penilaian terhadap unsur lembaga diklat, yakni Dasar Hukum, Tenaga Kediklatan, Perencanaan Strategis, Fasilitas Diklat, serta Jaminan Mutu dan Manajemen Diklat.

Sejalan dengan hal tersebut, KM. Arsyad menambahkan,”Pelatihan sertifikasi supervisi program pelatihan kerja ini sebagai cerminan bukti kemampuan individu dalam me-manage program pelatihan diklat bidang PUPR untuk meningkatkan karier pegawai serta mengawal peningkatan kompetensi ASN agar sesuai arahan pembangunan nasional”.


Foto bersama

Pelatihan ini diikuti oleh 17 pejabat pengawas di Lingkungan BPSDM. Bekerjasama dengan ASMI Education Centre dan LSP Pelatinas (Lembaga Sertifikasi Profesi Kepelatihan dan Infrastruktur Nasional) diharapkan ada penyegaran dalam metode pembelajaran dan implementatif saat sudah kembali ke lapangan. Materi yang disajikan pun variatif seputar kebutuhan cara menentukan kebutuhan pelatihan individu, cara merencanakan penyajian materi pelatihan hingga evaluasi program pelatihan. (Rz)



Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()