|

BDW VIII Makassar Adakan Diklat Teknologi Pengamanan Pantai di Kota Gorontalo

Senin , 12 Maret 2018 101

Foto bersama peserta diklat

Gorontalo (12/3) - Pencegahan terhadap abrasi dapat dengan menggunakan teknologi pengamanan pantai dan cara sederhana seperti hutan bakau dan gundukan batu. Dengan teknologi seperti Revetment, yakni stuktur pelindung pantai yang dibuat sejajar pantai dan biasanya memiliki permukaan miring.

Foto bersama perwakilan peserta

BPSDM Kementerian PUPR melalui Balai Diklat PUPR Wilayah VIII Makassar kembali mengadakan diklat di Kota Gorontalo terkait dengan teknologi pengamanan pantai yang disenggarakan pada tanggal 12 Maret sampai dengan 16 Maret 2018.

Sambutan dari Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo 

Dalam sambutannya Kepala BPSDM PUPR Kementerian PUPR dalam hal ini diwakili oleh Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo (Jeane Mieke Wagay) mengatakan bahwa, “Proses belajar mengajar yang membutuhkan pengorbanan waktu dan biaya, diharapkan tidak disia-siakan oleh para peserta dan dapat bertanggung jawab dalam pelaksanaannya kepada instansi pengutus. Selain sebagai sarana untuk memperoleh tambahan ilmu, melalui diklat ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai forum diskusi dan sharing untuk memperkaya wawasan para peserta dalam meningkatkan kompetensi sebagai Perencana Pantai yang handal dan dapat menggunakan teknologi dalam mengatasi permasalahan di bidang pantai”.

Pengalungan tanda peserta diklat

Diharapkan dengan adanya Diklat Teknologi Pengamanan Pantai dapat meningkatkan kualitas penanganan pengamanan pantai dari penyebab abrasi garis pantai terjadi akibat aktivitas alam dan aktivitas manusia. Aktivitas alam seperti besar dan tingginya ombak yang menghantam garis pantai yang sedikit demi sedikit dapat mengikis pinggir pantai. Sedangkan, aktivitas manusia seperti mensuplai air tanah yang menyebabkan tanah mengalami penurunan dan kenaikan permukaan air laut. Membuka lahan dan tambak yang tidak mempertahankan mangrove dan penghijauan. Selain itu, pembangunan dermaga yang tidak memperhatikan arah gelombang pantai dan pembangunan sarana dan prasarana yang menjorok ke laut. (Teis_IT)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VIII Makassar

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()