|

Membangun Rasa Percaya Diri yang Kuat

Rabu , 18 Oktober 2017 0 277


Jangan menilai diri Anda terlalu kecil, maka orang lain pun akan begitu. Itu seperti hukum pikiran, apa yang kita pikirkan terkadang memengaruhi keadaan sekitar. Percaya diri adalah suatu hal yang membedakan “perasaan takut dan malu”. Semakin Anda percaya diri, Anda akan membangkitkan semangat untuk mengerjakan sesuatu yang awalnya hanya wacana menjadi terealisasi. Dengan keyakinan yang Anda miliki maka berdampak terhadap persepsi orang lain terhadap diri Anda. Semakin baik persepsi Anda terhadap diri Anda, maka kemungkinan berhasil semakin besar.



Untuk membangun kepercayaan diri, maka perlu kita ubah pola pikir dan attitude (sikap) bukan pola makan yaa, walaupun masih banyak faktor lain yang memengaruhi kepercayaan diri, tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna membangun rasa percaya diri yang kuat. Berikut diantaranya:

1. Temukan Keinginan Terbesar Anda

Anda akan lebih percaya diri jika menemukan impian Anda. Dan di situlah ketika Anda memiliki impian dan memiliki hasrat untuk memperjuangkannya, maka Anda akan lebih percaya diri dan melakukan segala hal untuk meraih mimpi Anda sendiri akan lebih besar dari usaha untuk menggapai keinginan yang Anda impikan.

2. Membuat Rencana untuk Merealisasikannya.

Buatlah rencana yang matang dalam hal berpikir untuk meraih mimpi Anda tersebut. Jika Anda memiliki rencana yang biasa Anda lakukan, maka Anda akan memiliki catatan tersendiri untuk mencapai tujuan keberhasilan Anda. Anda pun akan lebih percaya diri untuk meraih mimpi tersebut.



3. Jujur Terhadap Diri Sendiri

Jujur terhadap diri sendiri akan menjadikan Anda lebih bersyukur. Temukan kelebihan dan kekurangan diri Anda, setelah itu tingkatkan kelebihannya. Ketika Anda jujur terhadap diri sendiri, maka Anda akan lebih berani untuk meraih mimpi telah diinginkan sedari dulu.


Selanjutnya, dari segi sikap, coba aplikasikan langkah berikut ini agar percaya diri Anda meningkat dalam kehidupan sosial:

1. Berjalan Cepat

Cara mengetahui orang yang penuh percaya diri dan penuh rendah diri adalah dari gaya jalannya. Orang yang percaya diri akan lebih cepat dalam melangkah. Mereka memiliki tujuan dan pekerjaan yang penting yang harus segera di lakukan. Maka, cobalah untuk berjalan lebih capat dari biasanya. Jalan cepat ini bukan hanya mendongkrak rasa percaya diri, tapi juga menghemat waktu lebih cepat dan menunjukkan Anda itu menghargai waktu.

2. Gesture Tubuh Yang Baik

Pernahkah Anda melihat orang yang berdiri menumpu pada satu kaki? Membungkukkan badan ketika berjalan? Memiliki badan yang lemah seperti karet? Memiliki sorotan mata yang layu? Apakah yang ada di benak Anda? Gesture tubuh adalah salah satu pendongkrak rasa percaya diri. Jika kita selalu membiasakan diri, duduk, menatap orang lain, dan gerakan tubuh lainnya terkesan tidak bertenaga. Maka, Anda tidak akan memiliki rasa percaya diri tersebut. Namun jika sebaliknya maka akan memancarkan aura positif sehingga orang lain akan menghargai Anda.



3. Duduk di Barisan Depan

Sebenarnya kebiasaan duduk di belakang mencerminkan kurangnya kepercayaan diri. Maka cobalah untuk selalu duduk di depan. Anda juga akan lebih diperhatikan Oleh orang-orang penting yang menjadi pembicara, dan anda akan mendapatkan “sentrumen” yang lebih kuat dari pembicara dari pada orang yang duduk di belakang.


4. Bicaralah



Selama Diskusi kelompok banyak orang tidak pernah berbicara karena mereka takut bahwa orang akan menghakimi mereka karena mengatakan suatu yang bodoh. Sebenarnya ketakutan seperti ini tidaklah benar. Dengan memaksakan diri untuk bicara setidaknya sekali di setiap diskusi kelompok, secara berangsur-angsur anda akan menjadi pembicara publik yang baik, lebih percaya diri, dan diakui sebagai 'pemimpin' oleh teman-temannya.


5. Berpakaian Rapi

Terdapat korelasi positif Antara cara berpakaian seseorang dengan pola pikirnya. Jika ia berpenampilan rapi dan tajam maka dapat ditebak bahwa orang tersebut memiliki jiwa dewasa, percaya diri tinggi, fokus, dan produktif. Tapi jika berpakaian lusuh, maka orang akan berfikir bahwa ia adalah pemalas dan yang penting ia akan kesulitan untuk membangun percaya diri.



Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda menemukan kepercayaan diri secara hakiki. Good luck! :)


(pac)