|

Etika Bergaul yang Baik dalam Lingkungan Kantor

Senin , 19 Febuari 2018 0 424


Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dan mempunyai naluri alami untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya, baik secara lisan maupun tulisan yang tentunya tidak boleh meninggalkan etika dalam berkomunikasi di dalamnya. Dalam suatu kegiatan komunikasi di kantor juga memerlukan etika, etika dalam komunikasi perkantoran sangatlah penting digunakan karena memiliki norma, nilai atau ukuran tingkah laku yang baik dalam kegiatan komunikasi di suatu perkantoran.  

Pada dasarnya komunikasi perkantoran dapat berlangsung secara lisan maupun tulisan, secara lisan dapat terjadi secara langsung (tatap muka) maupun dengan menggunakan media telepon. Sedangkan secara tulisan misalnya dengan mempergunakan surat. Baik komunikasi langsung maupun tidak langsung, etika perlu diperhatikan dan harus digunakan agar bisa mebedakan saat berbicara dengan pimpinan, antar anggota maupun antar unsur pimpinan, pentingnya etika komunikasi dalam perkantoran juga untuk menjaga agar proses komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan dampak negatif. 



Setiap pegawai kantor dan atasan harus mempunyai norma dan menjalankan tata hubungan kantor, seperti:

  • Tata krama pergaulan yang baik
  • Norma kesusilaan dan berbudi pekerti
  • Norma sopan santun dalam segala tindakan
  • Cara berpakaian yang rapi



Komunikasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting di dalam kegiatan kantor, seperti halnya seorang atasan dapat berkomunikasi secara efektif dan baik dengan semua pegawai kantor baik secara horizontal, vertikal maupun secara diagonal. Jika komunikasi yang disampaikan baik dalam kantor, maka komunikasi yang terjalin akan lebih efektif dan memberikan kesan yang harmonis dari atasan maupun ke pegawai.

Etika sangat penting digunakan dalam hal apapun tidak hanya di lingkungan pekerjaan, dimanapun etika harus menjadi pedoman bagi siapapun baik atasan maupun pegawai dalam berhubungan atau berkomunikasi.



(Rhm. dari berbagai sumber)