|

Tetap Fit Selama Bulan Ramadhan

Jumat , 26 Mei 2017 0 361

Tak terasa Bulan Ramadhan akan segera tiba, bagi para pekerja baik karyawan yang bekerja di kantor maupun lapangan tentu saja butuh menjaga stamina selama bekerja. Terlebih faktor cuaca yang kini tidak menentu. Dan bagi banyak para pekerja, ada kalanya bulan Ramadhan memberikan tantangan tersendiri dalam bekerja. Di mana kita diwajibkan untuk menahan diri, terutama dari rasa lapar dan dahaga.

Padahal, seperti yang kita semua tahu bahwa makan siang bagi karyawan merupakan ritual wajib yang harus dilakukan untuk menambah energi selama melakukan aktivitas kerja, dan bagi yang tidak mampu mengatasi kondisi tersebut pastinya akan menjadi hambatan dalam menyelesaikan pekerjaannya.Ibadah puasa semestinya dilakukan tanpa mengganggu aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari termasuk bekerja.

Sebagai umat muslim kita hendaknya mengetahui bahwa bekerja juga merupakan ibadah yang apabila dikerjakan bisa mendatangkan pahala terutama saat bulan ramadhan. Lalu bagaimana agar kita tetap sehat dan lancar berpuasa sambil tetap bekerja? Untuk mengetahuinya, simak Tips Berpuasa Sambil Bekerja berikut ini:

1. Tetapkan Niat

Sesuatu bisa terlaksana apabila diniati dengan tulus. Jika Anda ingin tetap berpuasa sambil bekerja maka kekuatan utama yang harus anda miliki sebelum mulai berpuasa adalah niat. Jangan jadikan puasa sebagai alasan malas bekerja atau sebaliknya bekrja dijadikan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Ingatlah bahwa Rasullullah SAW pun tetap beraktifitas, bekerja dan bahkan berperang saat menjalankan ibadah puasa ramadhan. Puasa yang dijalani hendak memperkuat diri kita untuk beribadah dan bekerja untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.



2. Bangun Lebih Awal

Jika Anda tetap berpuasa dan harus bekerja keesokan harinya maka bangunlah lebih awal saat sahur dan konsumsi lebih banyak makanan. Hal ini bisa membuat nutrisi Anda tercukupi selama berpuasa dan menjaga pasokan energi dalam tubuh.

Dianjurkan agar setelah sahur, Anda tidak meneruskan tidur karena bisa jadi Anda akan melewatkan shalat subuh.

3. Perbanyak Sayur dan Buah

Puasa memang seringkali membuat tubuh lemas dan kehilangan tenaga namun satu hal yang sering diremehkan adalah konsumsi sayur dan buah. Konsumsi sayur dan buah sangatlah penting saat berpuasa. Buah dan sayur mengandung serat yang lambat dicerna dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses metabolisme energi dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap fit selama berpuasa. Oleh karena itu ingatlah untuk mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur maupun berbuka puasa.



4. Jauhi godaan

Saat dikantor atau ditempat kerja mungkin Anda akan menemui banyak godaan misalnya makanan yang dijual atau rekan kerja yang tidak berpuasa dan tetap menyantap makanan saat bekerja. Hal ini bisa diantisipasi dengan tetap fokus pada pekerjaan dan menjauhi godaan tersebut. Jangan menyimpan makanan dalam laci meja kerja Anda karena hal ini juga bisa menjadi godaan berat saat berpuasa sambil bekerja.

5. Hindari pembicaraan batil (tidak baik)

Puasa tidak hanya menahan lapar akan tetapi juga menghindari segala sesuatu atau perbuatan yang buruk seperti membicarakan orang lain, marah atau hal lain yang bisa membatalkan puasa. Biasanya saat bekerja atau di kantor, kita sering melalukan aktifitas yang bisa jadi membatalkan puasa yakni bergosip atau bergunjing. Menggunjing adalah salah satu perbuatan buruk dan bisa mengakibatkan batalnya puasa seseorang.



6. Tidur lebih awal

Istirahat dan tidur yang cukup bisa membantu mengembalikan vitalitas Anda selama bekerja. Jika Anda rutin bekerja setiap harinya maka tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih awal juga terutama saat sahur. Hal ini bisa membantu memulihkan stamina Anda yang turun setelah bekerja.

7. Makan menu seimbang saat sahur dan berbuka

Menu makan selama puasa juga menentukan tingkat energi dan vitalitas. Pilihlah menu makanan yang cukup mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Asupan nutrisi ini berperan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit serta meningkatkan stamina. Anda bisa mengkonsumsi makanan manis atau takjil saat berbuka (baca manfaat takjil ) dan dianjurkan juga untuk mengkonsumsi susu, jus buah atau sayuran dalam porsi yang lebih besar.



8. Hindari kafein

Kafein biasa dikonsumsi saat bekerja untuk menghindari rasa kantuk. Hal ini akan semakin berat terutama saat berpuasa karena tidak mungkin Anda bisa meminum kopi saat bekerja di siang hari. Hindari konsumsi kafein saat sahur dan berbuka puasa karena bisa menyebabkan dehidrasi atau masalah lambung. 



(Rz)