|

7 tips Time Management at Work

Jumat , 21 April 2017 0 376

Apakah Anda selalu merasa kehabisan waktu dan tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan? Apakah anda selalu merasa bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri? Apakah anda merasa bahwa anda hidup dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah YA, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup dan mulai menghabiskan waktu Anda dengan bijaksana dan efisien. Anda harus berjanji pada diri sendiri bahwa Anda akan menjadi lebih 'terorganisasi' dan fokus pada tujuan dan bahwa Anda akan menggunakan waktu untuk kebaikan Anda sendiri. Beberapa tips yang bisa dicoba antara lain;



1. Membuat daftar hal-hal yang harus Anda lakukan (to-do lists)

To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan Anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan dalam setiap tugas yang diterima. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan kontrol yang besar dari waktu Anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting dan menempatkannya pada urutan atas di daftar tersebut.

 

 


2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)

Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga Anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu Anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.

3. Belajarlah untuk mengatur prioritas Anda

Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80% dari prestasi Anda, dihasilkan dengan melakukan 20% usaha. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting Anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.