|

5 Jurus Meningkatkan Produktivitas

Jumat , 30 September 2016 0 562

Tidak hanya seorang jagoan kungfu yang punya jurus, kita sebagai abdi negara juga perlu memiliki jurus, khususnya jurus untuk meningkatkan produktivitas kerja kita di kantor. Dengan meningkatnya produktivitas maka niscaya target Renstra kita akan segera dapat terlampaui.

Berikut adalah 5 jurus jitu agar kamu bisa semakin produktif di kantor.


Jurus #1: Segeralah Selesaikan Tugas di Awal Hari

Di awal hari, kamu tidak boleh bersantai dalam memulai pekerjaan. Segera selesaikan pekerjaanmu. Hal ini bisa membuat kamu lebih berkonsentrasi karena tidak diburu waktu. Kesibukan dalam pekerjaan juga pastinya sangat merepotkan ketika pekerjaan-pekerjaan kamu menumpuk. Untuk menghindarinya kamu bisa menyelesaikan lebih awal dan bisa bersantai di akhir waktu.



(Tidak perlu sepagi ini)


Selain itu, untuk mengawali harimu, kamu bisa menyelesaikan tugas-tugas yang mudah dulu sehingga akan selesai lebih cepat. Jika ada tugas yang penting, maka selesaikan yang penting dulu. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk mengatur jadwal pekerjaanmu setelahnya.



Jurus #2: Gerakkan Tubuhmu Sejenak

Dengan kondisi kesehatan yang prima, kamu bisa membuat produktivitas kerja kamu semakin meningkat. Jika kamu seorang pekerja yang harus berhadapan dengan komputer selama berjam-jam maka kamu sebaiknya memberikan jeda waktu sedikit untuk menggerakkan badanmu. Jika badanmu tetap segar dan bugar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan kamu dengan baik dan tepat waktu.



(Silahkan gaya kayang jika mampu)


Selain sedikit menggerakkan badanmu, kamu bisa berjalan-jalan di ruangan kantor untuk sekedar menyapa teman sekantor kamu. Tapi jangan kelamaan menyapa teman yang biasanya berakhir dengan bergosip atau membahas betapa gantengnya Lee Min Hoo atau betapa cantiknya Jun Ji Hyun di Drama Korea terwahid. Dengan berjalan beberapa langkah saja kamu bisa meregangkan otot-otot kamu sehingga tidak kaku.



Jurus #3: Jangan Abaikan Makan Siang

Bekerja membutuhkan energi. Bekerja dengan otot maupun otak sama-sama membutuhkan banyak energi. Ketika pagi hari, sebagaian besar kamu biasanya telah mendapat energi dari sarapan di pagi hari. Ketika siang, sibuk bekerja bisa membuat kamu lupa untuk makan siang. Dengan melewatkan makan siang mungkin kamu akan mendapatkan sedikit tambahan waktu untuk pekerjaanmu, namun dengan menahan lapar kamu tidak akan bisa berkonsenstrasi dengan baik, malah nanti pekerjaanmu bisa molor atau tidak bisa maksimal.



(Cukup 1 mangkok bakso buat yang lagi diet)


Sempatkan makan siang untuk mengatasi perut laparmu, makan siang yang cukup, jangan berlebihan. Jika berlebihan nantinya kamu akan mengantuk dan malas untuk bekerja. Cukupkan makan siangmu untuk menambah energimu ketika bekerja dari siang sampai sore. Jika kamu masih seorang Jones (Jomblo Ngenes) segeralah mencari pacar, agar setiap siang akan selalu ada yang mengirim pesan; "Yang, udah mamam siang belom? Mamam siang dulu yaaa.. miss yuu".



Jurus #4: Jangan Bekerja Terus Menerus

Bekerja merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan terus menerus dan biasanya ada tuntutan dalam pekerjaan untuk tepat waktu dengan hasil yang sesuai standar. Namun taukah kamu bahwa bekerja terus menerus tanpa memperhatikan istirahat akan membuat produktivitas kamu menurun. Bekerja terus menerus akan membuat pekerjaan kita menjadi tidak maksimal dan akhirnya malah membuat kita semakin stress. Berikan waktu untuk istirahat dan refreshing yang cukup. Sehingga ketika kembali bekerja kamu akan tetap fresh dan siap melahap pekerjaan kamu dengan baik.



(Awas ilernya jangan jatuh ke keyboard)


Tapi jangan terlalu lama waktu istirahatnya, bukannya semakin produktif nanti kamu malah akan semakin malas. Lakukan saja Jurus #2 diatas untuk sekaligus beristirahat dan menggerakan tubuh. Jangan lupa membahas Lee Min Hoo dan  Jun Ji Hyun agar otak semakin segar.



Jurus #5: Keluarga dan Teman Tidak Kalah Penting dengan Pekerjaan

Salah satu hari yang sangat dinantikan seorang pekerja adalah weekend atau akhir minggu. Di mana di hari-hari tersebut kamu bisa bertemu dengan keluarga dan teman-teman kamu. Manfaatkan waktu liburan sebaik baiknya. Memberikan waktu yang berkualitas bersama keluarga akan membuat kamu lebih semangat bekerja. Motivasi dari orang tua dan saudara bisa membuat kamu menjadi lebih produktif dalam bekerja.



(Aku tunggu 10 menit lagi! Kalo kamu belum selesai kerja juga, aku nonton ama mantanku!)


Jika kamu super sibuk sehingga sering pulang larut malam, mungkin kamu bisa mengajak pasangan untuk datang ke kantor pada saat waktu lembur. Niscaya kamu akan super fokus untuk segera menyelesaikan pekerjaanmu secepat mungkin karena pasangan kamu udah bolak-balik ngeliat jam dan ngingetin takut kehabisan tiket nonton Warkop DKI Reborn.


Demikian 5 Jurus yang bisa disharing. Untuk jurus-jurus lainnya akan dibagi dikemudian hari setelah kamu paham, meresapi dan menjalankan kelima jurus diatas.


(whp)