|

5 Alasan Enaknya Ikut Diklat

Kamis , 15 September 2016 0 719

Menurut Peraturan Pemerintah nomor 101 Tahun 2000 dinyatakan bahwa Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disebut Diklat adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan Pegawai Negeri Sipil.Tujuan diklat diantaranya adalah meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas pekerjaan, baik yang bersifat umum pemerintahan maupun pembangunan, yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Ternyata ada 5 alasan yang bikin kita betah ikutan diklat, yaitu:

1. Meningkatkan Kompetensi

Tujuan utama kita ikutan Diklat adalah kita bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensi di bidang yang kita butuhkan. Semakin sering kita ikutan diklat maka sudah seharusnya semakin tinggi kompetensi kita. Ujung-ujungnya dengan kompetensi yang tinggi dan didukung kinerja yang tinggi, kita akan diperhitungkan sebagai orang yang cakap di lingkungan kerja.


2. Nambah Kenalan

Semakin banyak kenalan dan relasi di lingkungan kerja, akan sangat membantu kita di masa depan saat kita harus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Semua urusan bisa semakin mudah dan cepat kalau kita kenal dengan orang yang tepat.


3, Dapet Uang Saku

Lumayan loh kalau kita ikut Diklat, apalagi yang di luar kota. Selain dapat ilmu, kita juga dapat uang saku. Walaupun tidak seberapa tapi manfaatnya luar biasa, paling tidak bisa beli oleh-oleh untuk orang rumah.


4. Bisa Jalan-jalan

Buat yang pengen jalan-jalan dan refreshing keluar dari penatnya pekerjaan kantor, coba aja ikutan Diklat yang ada di luar kota. BPSDM PUPR Punya 9 Balai Diklat yang tersebar di seluruh Indonesia. Tinggal pilih aja mau ikut Diklat apa dan di Balai mana di halaman jadwal diklat, lakukan pendaftaran dan tinggal tunggu panggilan. Kalau disetujui pimpinan, kita tanggal berangkat ke Balai Diklatnya. Dan biasanya untuk Diklat Teknis, akan ada kegiatan Field Trip ke lokasi proyek yang bisa dijadikan ajang wisata sambil menimba ilmu.


5. Nyari Jodoh

Buat para Jones alias Jomblo Ngenes, siapkan dirimu secara penampilan, karena kita bisa mencari Jodoh ketika sedang ikutan Diklat. Kalau nggak dapat jodoh diantara sesama peserta Diklat, kita bisa juga nyari jodoh diantara penyelenggara Diklat. Kalau nggak ketemu juga jodohnya, coba cari juga di tetangga-tetangga sekitaran Kampus Balai Diklat. Ini nyari jodoh atau nyari kucing ilang?


(whp)